Soloraya
Jumat, 16 September 2016 - 02:00 WIB

RAZIA BOYOLALI : Polisi Diminta Giatkan Patroli Pelajar Bolos

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah remaja mendapat pembinaan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setelah terjaring operasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Komplek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali di Kemiri, Mojosongo, Sabtu (26/3/2016) malam. (JIBI/Solopos/Istimewa)

Razia Boyolali dengan sasaran pelajar diminta digiatkan.

Solopos.com, BOYOLALI – Polisi di jajaran Polsek Sambi diminta menggiatkan patroli pelajar di siang hari. Pasalnya, warga Sambi kerap melihat sebagian pelajar yang bolos sekolah lalu melakukan aktivitas menyimpang, seperti judi dan minum minuman keras (miras).

Advertisement

Demikian disampaikan salah satu tokoh masyarakat Sambi, Sulomo Ahmad, dalam acara silaturahmi bersama jajaran Muspika setempat di pendapa Kecamatan Sambi, Rabu (14/9/2016).

“Mohon Pak Polisi. Patroli di siang hari digiatkan kembali. Sering saya jumpai pelajar bolos saat jam sekolah. Mereka lalu kumpul-kumpul, main game, dan minum miras. Mereka ini aset bangsa, harus kita selamatkan,” ujar kerabat dekat Wakil Bupati Boyolali Said Hidayat itu.

Sulomo mengatakan selama ini polisi jarang terlihat melakukan patroli di siang hari. Padahal, patroli polisi itu sangat besar dampaknya untuk menekan terjadinya tindak kejahatan dan memberikan rasa aman bagi warga.

Advertisement

“Patroli keliling saja, dan berpakaian dinas. Itu sudah efektif untuk memberi rasa aman warga. Jadi, kami ingin merasakan polisi benar-benar ada di tengah-tengah masyarakat,” sambungnya.

Saat ditanya Solopos.com secara terpisah ihwal wilayah mana saja yang kerap menjadi sasaran pelajar bolos, Sulomo, enggan menyebutkan. Yang jelas, kata dia, tak jauh dari tempat tinggalnya, ia sering melihat pelajar bolos di jam sekolah.

Meski diakuinya, pelajar yang bolos itu tak semuanya warga Sambi. “Banyak sekali. Tak perlu saya sebutkan mana saja wilayahnya. Yang jelas, kami meminta polisi aktif patroli lagi,” pintanya.

Advertisement

Menanggapi hal itu, Kapolsek Sambi, AKP Bambang Rusito, mengaku berterima kasih atas masukan warga. Ia berjanji akan menggiatkan kembali patroli di wilayah Sambi, khususnya pada siang hari.

Patroli akan difokuskan di sejumlah kawasan yang berpotensi menjadi tempat tongkrongan pelajar bolos, seperti lokasi warnet, game online, dan tempat-tempat yang dicurigai lainnya. “Kami akan perintahkan juga Bhabinkantibmas untuk memantau keberadaan pelajar bolos,” paparnya.

Jika polisi menemukan pelajar bolos, apalagi sampai mabuk, maka pihaknya akan menggelandang pelajar ke kantor polisi. Selanjutnya, orang tua pelajar diminta ke kantor polisi untuk menjemput anaknya dan diberi pengarahan. “Ini cara yang kami pakai biar orang tua juga bisa mengawasi anaknya,” paparnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif