Jogja
Kamis, 15 September 2016 - 13:20 WIB

Layanan Kependudukan dengan Mobil Keliling Segera Direalisasikan di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Dok)

Layanan kependudukan dengan mobil keliling segera direalisasikan oleh Disdukcapil Kota Jogja

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja akan meluncurkan mobil layanan administrasi kependudukan keliling. Saat ini mobil layanan masih dalam tahap lelang dan ditarget selesai pada awal Oktober mendatang.

Advertisement

Kepala Disdukcapil Kota Jogja, Sisruwadi mengatakan masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan selama ini harus mendatangi kantor. Terkadang petugas juga mendatangi kelurahan untuk mempercepat proses administrasi. Ke depannya mobil layanan keliling akan beroperasi tiap saat.

“Mobil layanan administrasi keliling di kota-kota lain sudah dilakukan, sementara kota baru tahun ini,” kata dia di Balai Kota, Rabu (14/9/2016). Sisruwadi berharap layanan mobil keliling bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Mobil layanan keliling berbentuk mikrobus nantinya bisa melayani berbagai kebutuhan administrasi kependudukan seperti perekaman kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP, pencetakan KTP, pencetakan kartu keluarga, akta kelahiran, sampai penerbitan kartu identitas anak (KIA).

Advertisement

Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Jogja, Hari Setya Wacana mengatakan menjelang akhir tahun ini ada tiga unit pengadaan mobil layanan keliling, salah satunya untuk Disdukcapil dengan pagu anggaran Rp1,1 miliar.

Sementara dua unit mobil lainnya berupa minibus seharga Rp829 juta akan digunakan sebagai layanan perpustakaan dan internet wilayah oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Jogja.

Menurut Hari, pengadaan mobil layanan keliling itu sudah masuk dalam unit layanan pengadaan (ULP). “Lelang sudah harus selesai Oktober,” tandas Hari.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif