Jogja
Kamis, 15 September 2016 - 17:55 WIB

DEMO UGM : Kisruh Pemilihan Dekan FH, Ratusan Mahasiswa Geruduk Balairung

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Demo mahasiswa UGM digelar sebagai bentuk ketidakpuasan atas pemilihan Dekan Fakultas Hukum

Harianjogja.com, JOGJA – Kisruh seleksi pemilihan Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) semakin memanas. Setelah Selasa (13/9/2016) lalu para dosen melakukan aksi demonstrasi, kini aksi serupa juga dilakukan mahasiswa fakultas itu.

Advertisement

Ratusan mahasiswa FH ramai-ramai mendatangi Balairung, UGM untuk menyatakan sikap atas terjadinya kegaduhan dalam pemilihan pimpinan fakultas mereka.

Para mahasiswa menyesalkan keputusan Rektor UGM Dwikorita Karnawati yang dianggap telah menganulir Sigit Riyanto sebagai dekan terpilih di tingkat fakultas.

Advertisement

Para mahasiswa menyesalkan keputusan Rektor UGM Dwikorita Karnawati yang dianggap telah menganulir Sigit Riyanto sebagai dekan terpilih di tingkat fakultas.

Aksi mahasiswa dimulai pukul 14.15 WIB. Mereka berjalan dari Fakultas Hukum kemudian menuju Balairung untuk menyampaikan aspirasi secara langsung ke rektor.

Di Balairung para mahasiswa menyampaikan orasi yang intinya menganggap demokrasi di kampus mereka telah mati. Beragam sarana mulai dari poster ungkapan keberatan atas sikap rektor hingga karangan bunga tanda duka cita dibentangkan di lokasi unjuk rasa.

Advertisement

Bersambung halaman 2

Mahasiswa pun ingin menemui Dwikorita. Sayang, rektor tidak ada di tempat.

Advertisement

“Rektornya ternyata sedang tidak ada di tempat kerja kawan-kawan. Dia [Dwikorita] lebih memilih berada di hotel [University Club]. Kita tunggu saja di sini. Nanti jika tidak kunjung datang kita jemput paksa,” kata pimpinan aksi saat berorasi di depan para mahasiswa.

Selama hampir satu jam orasi mahasiswa berlangsung.

Koordinator aksi Abdul Adhin Azzhuri mengungkapkan, kehadiran para mahasiswa dalam aksi unjuk rasa ini sebenarnya merupakan aksi netral.

Advertisement

“Terhadap hasil seleksi calon Dekan ini, kami kembali menemukan kejanggalan,” paparnya kepada wartawan di sela-sela berlangsungnya aksi unjuk rasa.

Selanjutnya dia mengungkapkan, kondisi ini sangat mengganggu kondusivitas iklim belajar di Fakultas Hukum, apalagi setelah terjadinya aksi mimbar para dosen pada Selasa lalu.

Dia menganggap, intervensi Rektor UGM dalam seleksi pemilihan Dekan FH ini telah menyebabkan kegaduhan di fakultas sehingga proses belajar mahasiswa menjadi terganggu.

“Kami menuntut kepada Ibu Rektor? untuk menjamin kembalinya suasana kondusif  di Fakultas Hukum,” tandasnya.

Pantauan koran ini hingga pukul 15.00 WIB, Dwikorita juga tidak menemui para mahasiswa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif