Jogja
Kamis, 15 September 2016 - 14:20 WIB

BENCANA KULONPROGO : Purwoharjo Disiapkan Jadi Desa Tangguh Bencana

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan dan petugas medis membawa seorang warga yang menjadi korban longsor untuk mendapatkan perawatan dalam Gladi Longsor Desa Tangguh Bencana di Dusun Plampang I, Desa Kalirejo, Kokap, Senin (21/9/2015). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Bencana Kulonprogo diantisipasi salah satunya dengan penetapan desa tangguh bencana

Harianjogja.com, KULONPROGO-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo melakukan sosialisi guna pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Purwoharjo, Samigaluh, Rabu (14/9/2016). Adapun, desa ini dijadikan salah satu Desa Tangguh Bencana karena potensi bencananya yang cukup tinggi.

Advertisement

Desa Purwoharjo dianggap terpapar resiko bencana tanah longsor, kekeringan, cuaca ekstrem dan banjir bandang. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kulonprogo, Hepi Eko Nugroho mengatakan bahwa diharapkan desa ini dapat mengintegrasikan nilai Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dalam sejumlah kegiatan masyarakat maupun desa.

“Ini hanya sebagai sosialisasi awal terlebih dahulu,” ujarnya di hadapan 25 peserta sosialisasi.

Forum PRB sendiri sekaligus akan memberikan masukan kepada pemerintah desa agar memberikan perhatian khusus terhadap sejumlah kegiatan mitigasi bencana di desa. Forum ini nantinya akan terdiri dari perwakilan sejumlah unsur dan institusi di desa.

Advertisement

Sosialisasi ini diikuti oleh perangkat desa, kepala dusun, Babinsa, Babinkamtibmas, Karang Taruna, PKK, anggota BPD dan tokoh masyarakat. Selain BPBD, sosialisasi juga diisi oleh narasumber dari Kepala Seksi Ketentraman Ketertiban Samigaluh, Muhadi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif