Jogja
Selasa, 13 September 2016 - 08:20 WIB

WISATA JOGJA : Jumlah Pengunjung GL Zoo pada 2016-2020 Diperkirakan Turun, Mengapa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - LIburan di Gembira Loka Zoo (Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi) Pengunjung memberi makan pada gajah saat mengunjungi kebun binatang Gembiraloka Zoo, Jogja, Selasa (12/7). Kunjungan pada salah satu wahana wisata tersebut saat liburan lebaran mencapai 22.500 ribu saat H+4. Namun menurun di bandingkan dengan kunjungan pada liburan lebaran tahun sebelumnya.

Wisata Jogja jumlah kunjungan Gembiraloka tak seperti tahun lalu.

Harianjogja.com, JOGJA—Manajemen Gembira Loka (GL) Zoo memperkirakan jumlah pengunjung selama 2016 akan menurun dibandingkan tahun 2015. Jumlah kunjungan diperkirakan mencapai 100.000 orang atau sekitar 5,5%.

Advertisement

Direktur Utama PT Buana Alam Tirta KMT A Tirtodiprojo mengungkapkan, ia pesimistis jumlah kunjungan selama 2016 bisa mencapai 1,8 juta orang. “Tahun lalu [2015] 1,8 juta sekian. Tahun ini mungkin hanya sekitar 1,7 juta. Kami sih berharap bisa sampai 1,8 juta, tapi pesimistis,” kata dia, Senin (12/9/2016).

Pria yang akrab disaba Joko Tirtono itu mengungkapkan, ada beberapa faktor yang mengakibatkan tingkat kunjungan menurun tahun ini. Satu faktornya adalah kondisi ekonomi yang belum membaik. Selain itu, libur besar hari raya yang berbarengan dengan libur sekolah.

“Saya kira kondisi ini akan tetap sama tiga hingga empat tahun ke depan,” kata dia.

Advertisement

Ia mengungkapkan, prediksi itu disikapi dengan peningkatan pelayanan kepada para pengunjung. GL Zoo terus melakukan upaya untuk memaksimalkan servis salah satunya dengan program kartu anggota dan aplikasi di ponsel pintar yang baru saja diluncurkan.

Kartu anggota Kartu Sobat Satwa Gembira Loka (KSSGL) diluncurkan agar pengunjung tidak perlu lagi mengantri di loket untuk membeli tiket dan bisa berkunjung ke GL Zoo dengan harga lebih murah. KSSGL memiliki dua kategori yaitu Tarsius dan Mambruk dengan keistimewaan berbeda. Pemilik kartu Tarsius akan mendapatkan fasilitas masuk GL Zoo gratis selama satu tahun dan jogging di area GL Zoo. Ada variasi biaya untuk mendaftar yakni Rp75.000 untuk anak di atas tiga tahun hingga SMA, Rp90.000 untuk dewasa, dan Rp300.000 untuk keluarga (dua dewasa dan dua anak).

Sementara itu, pemegang kartu Mambruk akan mendapatkan fasilitas masuk GL Zoo gratis selama satu tahun, kataring (katamaran dan kereta keliling)  gratis selama satu tahun, diskon di Zoovenir, souvenir menarik saat pendaftaran, dan jogging di area GL Zoo. Adapun biaya yang dikenakan Rp150.000 untuk anak di atas tiga tahun hingga SMA, Rp180.000 untuk dewasa, dan Rp575.000 untuk keluarga (dua dewasa dan dua anak).

Advertisement

CEO PT Oroundo Patrick Tomelitsch mengatakan, Oroundo menempatkan 30 transmiter di 30 titik. Ketika pengunjung berada di dekat transmiter, maka mereka akan mendengarkan penjelasan lebih detail mengenai satwa dari ponsel pintar melalui aplikasi Oroundo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif