Entertainment
Senin, 12 September 2016 - 03:00 WIB

FILM TERBARU : Catatan Dodol Calon Dokter Bikin Pusing Tika Bravani

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tika Bravani (Okezone)

Film terbaru Catatan Dodol Calon Dokter membuat Tika Bravani pusing. Mengapa?

Solopos.com, JAKARTA — Berakting sebagai calon dokter yang sedang menjalani ko-asistensi alias ko-ass membuat Tika Bravani pusing tujuh keliling karena harus menghafalkan banyak istilah medis yang rumit.

Advertisement

Tika berperan sebagai Evie Sungkar dalam film terbaru Catatan Dodol Calon Dokter yang diadaptasi dari novel karya Ferdiriva Hamzah. Evie merupakan seorang dokter yang mengabadikan pengalaman kocaknya saat ko-ass dalam buku.

“Ada banyak istilah yang susah gue sebut, sekarang malah sudah lupa,” kata Tika dalam konferensi pers film terbaru Catatan Dodol Calon Dokter di Jakarta, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Kamis (8/9/2016).

Advertisement

“Ada banyak istilah yang susah gue sebut, sekarang malah sudah lupa,” kata Tika dalam konferensi pers film terbaru Catatan Dodol Calon Dokter di Jakarta, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Kamis (8/9/2016).

Untuk mendalami karakter, Tika tak hanya digembleng soal akting, tetapi banyak hal tentang kedokteran. Ia belajar cara memasang infus, cara dokter mamakai masker hingga tindakan pertolongan pertama resusitasi jantung paru-paru (CPR). “Jadi tahu, oh kenapa dokter begini, kenapa dokter begitu,” katanya.

Tantangan selanjutnya datang ketika ia harus menggabungkan workshop akting dan kedokteran begitu pengambilan gambar dimulai. Peraih Piala Citra 2014 sebagai pemeran pendukung wanita terbaik ini mengacungkan dua jempol untuk tim produksi Catatan Dodol Calon Dokter yang dinilainya total dalam mewujudkan sebuah film medis.

Advertisement

Ferdiriva, penulis asli novel yang seorang dokter, selalu memastikan agar tindakan medis yang ditampilkan dalam film memang sesuai dengan yang seharusnya. “Riva sering Whatsapp untuk wanti-wanti, adegan ini harus begini, adegan ini harus begitu, jadi tidak boleh salah,” kata Tika.

Film terbaru Catatan Dodol Calon Dokter mengisahkan perjuangan dokter muda yang baru lulus kedokteran bernama Ferdiriva (Adipati Dolken) yang menjalani ko-asistensi (ko-ass) untuk menjadi dokter. Perjalanan menjadi dokter membuahkan pengalaman seru, mulai dari hal romantis, lucu, hingga menegangkan.

Tika Bravani rupanya pernah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Namun, seiring bertumbuh dewasa, cita-cita tersebut kini hanya menjadi angan-angan belaka.

Advertisement

“Sempat tapi kayaknya otak saya enggak sampai. Tadinya saya di Fakultas Kesehatan Masyarakat, terus saya pindah ke Fakultas Ekonomi karena enggak berbakat, susah lah,” kata istri Dimas Aditya tersebut, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Kamis.

Sewaktu memasuki bangku perkuliahan, Tika ternyata sempat mencanangkan untuk masuk ke Fakultas Kedokteran. Namun sayangnya, ia gagal dan harus terdampar di pilihan keduanya, yakni Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“Kan saya pilihan waktu SPMB dua, FK sama FKM. Pertama enggak diterima jadi masuk ke FKM. Tapi, ternyata kurang cocok karena kalau FK itu kuratif sedangkan FKM itu preventif. Jadi, saya mikir ya sudah keluar saja,” terangnya menceritakan pengalaman terdahulunya.

Advertisement

Tika sendiri akhirnya menjalani masa perkuliahan di FKM selama satu tahun. Setelah merasa tidak sanggup lagi, ia pun akhirnya memutuskan untuk pindah ke Fakultas Ekonomi.

Film terbaru yang dibintangi juga oleh Aurelie Moeremans, Adi Kurdi, Ali Mensan, Rizky Mocil, Albert Halim, Cindy Valery, Rizka Dwi Septiana dan Amec Rais akan tayang pada 27 Oktober 2016. Catatan Dodol Calon Dokter juga terpilih sebagai salah satu film yang ditayangkan di Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) 2016.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif