News
Minggu, 11 September 2016 - 16:45 WIB

HAJI 2016 : Inilah Agenda Jemaah Indonesia Selama Wukuf di Arafah

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji di tenda Arafah (Kemenag.go.id)

Haji 2016 saat ini berada di Arafah untuk menjalani wukuf di Arafah.

Solopos.com, ARAFAH – Seluruh calon jemaah haji mengikuti proses puncak ibadahnya, wukuf di Arafah, Minggu (10/9/2016), tidak terkecuali jemaah dari Indonesia.

Advertisement

Proses wukuf akan dimulai sejak masuknya waktu Zuhur. Namun demikian, ada sejumlah aktivitas yang akan dilakukan, terutama di tenda misi haji Indonesia.

Anggota konsultan pembimbing ibadah PPIH Arab Saudi, Sunandar menerangkan, setelah mengikuti salat Subuh berjamaah dan kultum yang disampaikan anggota Amirul Haj Masyhuril Khamis, para jemaah bisa beristirahat dan sarapan. Sebab, rangkaian kegiatan wukuf di tenda misi haji baru akan dimulai pada pukul 10.30 waktu Saudi.

“Kami akan mulai dengan talbiyah dan pembacaan doa,” kata Sunandar seusai salat Subuh di masjid tenda Arafah, Minggu (10/9/2016).

Advertisement

Setelah doa dan talbiyah, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dubes RI di Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Acara diperkirakan sampai pukul 12.15 waktu Saudi.

Saat puncak wukuf yakni tergelincirnya matahari atau waktu Zuhur (ba’da zawal), acara diisi dengan khutbah wukuf yang akan disampaikan oleh naib Amirul Haj yang juga wakil rais aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftahul Akhyar.

“Setelah itu para jemaah akan melaksanakan salat Zuhur dan Ashar jama ta’dim qashar,” tambah Sunandar.

Advertisement

Seusai salat Zuhur dan Ashar, para jemaah diberikan kesempatan untuk beribadah sendiri-sendiri. Momen ini akan dimanfaatkan untuk memanjatkan doa, zikir dan membaca Alquran serta introspeksi diri.

Jemaah haji akan mulai diberangkatkan dari Arafah menuju Muzdalifah setelah Magrib. Selain menginap (mabit), jemaah akan mengambil batu di Muzdalifah untuk melakukan lontar jumrah di Jamarat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif