Soloraya
Sabtu, 10 September 2016 - 22:40 WIB

Satlantas Polres Karanganyar Imbau Masyarakat Menggunakan Bahasa Jawa

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi (JIBI/Bisnis/Dok.)

Satlantas Polres Karanganyar mengoperasikan mobil Pambudi.

Solopos.com, KARANGANYAR–Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar mengoperasikan mobil patroli dilengkapi public address system. Mobil itu diberi nama Pambudi atau mobil berbudi pekerti.

Advertisement

Mobil Pambudi akan memberikan imbauan tentang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menggunakan Bahasa Jawa. Contoh beberapa imbauan menggunakan Bahasa Jawa pada mobil Pambudi adalah ngebut benjut, alon-alon asal kelakon, alon bro, pengin nyalib ndelok ngarep, awas nabrak, ora usah kemrungsung, yen nampa telepon minggir, helm e dinggo mas, dalan rame rasah srobat- srobot, akeh wong nyebrang, aja nggandul penumpange dilebokne mas, dan lain-lain.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, menyampaikan mobil Pambudi membantu anggota memberikan imbauan kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas. Polres Karanganyar memanfaatkan budaya masyarakat lebih memilih mendengar daripada melihat.

“Kami menggunakan Bahasa Jawa sehari-hari supaya mudah diingat. Ada penekanan intonasi pada beberapa kalimat supaya masyarakat yang mendengar selalu ingat maupun tersentuh,” kata Suryo saat ditemui wartawan, Jumat (9/9/2016).

Advertisement

Suryo menuturkan tidak menutup kemungkinan imbauan melalui public address menggunakan Bahasa Indonesia. Mobil Pambudi akan berkeliling ke seluruh wilayah di Kabupaten Karanganyar. Suryo menjelaskan Polres Karanganyar memiliki enam unit mobil Pembudi.

“Mobil akan ditambah. Setiap polsek akan dibuatkan. Mobil akan patroli pada jam ramai, jalur wisata saat akhir pekan dan liburan, dan simpang dalam maupun luar kabupaten. Ini salah satu upaya mengurangi angka kecelakaan,” ujar dia.

Dia memberi contoh patroli di jalur objek wisata di Karangpandan, Tawangmangu, Ngargoyoso selama libur panjang Idul Adha. Satlantas juga menyiagakan personel di sejumlah lokasi di jalur wisata, tempat perayaan Idul Adha, tempat makan saat malam hari, dan lain-lain.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif