Lifestyle
Sabtu, 10 September 2016 - 20:20 WIB

KULINER JOGJA : Sensasi Sidat di Restoran Jepang Ai Royal Unagi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menu-menu otentik masakan Jepang yang diolah chef berpengalaman. Tampilan plating Unagi Kabayaki (paling kanan). (IST Ai Royal Unagi.)

Kuliner Jogja kali ini berupa makanan Jepang.

Harianjogja.com, JOGJA — Restoran yang menyajikan menu oriental, terutama dari Jepang dan Korea, kini sudah mulai membanjir di Kota Jogja. Sebagai pemburu kuliner bercitarasa oriental, rasanya masih kurang jika Anda belum menjajal restoran Jepang otentik satu ini.

Advertisement

Tempura Hana saat diresmikan pada 1990 yang kini rebranding dengan menu andalan baru menjadi Ai Royal Unagi.(IST Ai Royal Unagi.)

Berselang hanya lima tahun sejak restoran makanan ala-ala Jepang cepat saji, Hokben didirikan di Ibukota Jakarta, di Jogja telah berdiri sebuah restoran masakan Jepang orisinil bernama Tempura Hana. Restoran yang semula menyajikan menu andalan tempura itu kini tengah rebranding, bermetamorfosis sejak tiga tahun terakhir menjadi Ai Royal Unagi Japanese Original Resto.

Advertisement

Berselang hanya lima tahun sejak restoran makanan ala-ala Jepang cepat saji, Hokben didirikan di Ibukota Jakarta, di Jogja telah berdiri sebuah restoran masakan Jepang orisinil bernama Tempura Hana. Restoran yang semula menyajikan menu andalan tempura itu kini tengah rebranding, bermetamorfosis sejak tiga tahun terakhir menjadi Ai Royal Unagi Japanese Original Resto.

Bukan makanan cepat saji ala resto waralaba Hokben yang bisa Anda dapatkan di sini. Selain tempura yang sudah lama menjadi andalan di resto ini, sesuai namanya, restoran ini menawarkan sensasi Unagi, makanan favorit orang-orang Jepang.

“Unagi itu versi Jepangnya ikan sidat. Jenis ikan ini sangat terkenal kandungan omega tiganya yang konon dianggap menyamai ikan salmon,” kata Marketing Communication Ai Unagi, Bilqis Prisbian Ningrum, saat Harianjogja.com berkunjung ke resto itu Kamis (8/9/2016) lalu.

Advertisement

“Di Jogja, bisa dibilang sangat jarang resto atau rumah makan menyajikan menu [Unagi] ini. Boleh jadi hanya Ai Unagi yang menyediakan menu spesial ini,” imbuhnya.

Resto ini terletak di Jalan Monumen Jogja Kembali No. 16A. Jika tak juga ketemu, resto ini tepatnya sekitar 100 meter di selatan traffic light Ringroad Monumen Jogja Kembali. Begitu memasuki area parkir di depan resto, pengunjung sudah bisa mendapati ciri khas eksterior khas Jepang. Masuk ke dalam ruangan resto, terdapat deretan shoji (partisi ruangan) di bagian kanan, dengan pintu geser ala-ala interior resto di Negeri Sakura. Shoji ini terdiri dari dua pilihan, ada lesehan dengan tikar Jepang, Tatami atau dengan meja kursi biasa.

Sejumlah ornamen seperti lampion, dan berbagai hiasan seperti lukisan dan kaligrafi, terpacak di ruangan, kian memunculkan kesan identitas Jepang.
Beruntung hari itu kami dipertemukan dengan chef Ai Unagi, Sri Agung W. Di tangan dialah citarasa menu-menu yang ditawarkan Ai Unagi terjaga.

Advertisement

“Saya sudah 27 tahun memasak menu-menu makanan dan minuman Jepang sejak restoran ini dibuka. Resepnya diberikan oleh orang Jepang yang menjadi salah satu investor,” kisahnya.

Kendati resepnya diracik oleh orang Jepang, kata Agung, masakan di Ai Unagi sengaja telah disesuaikan dengan citarasa lidah Nusantara tanpa mengurangi kekhasan citarasa orisinal.

“Jadi citarasanya masih bisa diterima oleh orang-orang Jepang asli, sekaligus bisa diterima lidah Nusantara,” ungkapnya.

Advertisement

Tak selang lama, menu andalan pun hadir di depan kami. Unagi Kabayaki. Ini adalah sidat panggang dengan bumbu kecap. Daging sidat bertekstur lembut, dengan aroma ikan terbakar, serta kecap spesialnya, sehingga membuat menu ini terasa begitu spesial. Sebanding dengan banderolnya yang Rp94.000 per porsi. Jika ingin disajikan bersama nasi, Anda bisa memilih menu Unaju yang dibanderol hanya selisih Rp4.000.

Selain menu andalan yang ternyata pas di lidah kami itu, dihidangkan pula set menu (teishoku) beef and chicken yakiniku, chicken teriyaki , chicken katsu dan set menu tempura. Semua set menu hidangan itu tidak ada yang mengecewakan. Apalagi untuk chicken teriyakinya. Semua hidangan itu kami tutup dengan menengguk Ocha, teh hijau Jepang.

Bilqis menjelaskan Ai Royal Unagi Resto buka setiap hari pada pukul 11.00 s/d 22.00 WIB. Pada September ini, restoran ini memberikan diskon 10% setiap harinya, cukup dengan cara follow IG @airoyalunagi.

“Berlaku untuk semua menu,” jelas Bilqis.

Ada pula paket spesial promo Rp50.000 dengan menu Bento sudah termasuk Ocha. Ada lagi paket yang masuk budget mahasiswa dan semua kalngan, yaitu paket Chicken atau Beef dengan pilihan sauce yakiniku atau teriyaki; Chicken atau Beef Katsu; yang kesemuanya bisa ditebus hanya dengan Rp30.000 nett.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif