Jogja
Jumat, 9 September 2016 - 05:40 WIB

ABRASI PANTAI SELATAN : BPBD Bantul Segera Bentuk Tim Kaji Potensi Bencana

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kawasan pesisir Bantul yang rusak akibat abrasi seperti terlihat di Pantai Samas, Bantul. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Peristiwa abrasi atau pengikisan pantai akibat gelombang pasang di perairan pantai selatan selalu terjadi setiap tahun.

Harianjogja.com, BANTUL- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, akan membentuk tim untuk melakukan kajian terhadap potensi bencana karena dampak abrasi pantai selatan yang terjadi setiap tahun.

Advertisement

“Ke depan memang perlu ada kajian yang mendalam terhadap potensi bencana karena abrasi di pantai selatan, dengan dibentuk tim yang terdiri dari tenaga ahli,” kata Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto seperti dikutip Antara, Kamis (8/9/2016).

Menurut dia, peristiwa abrasi atau pengikisan pantai akibat gelombang pasang di perairan pantai selatan Bantul selalu terjadi setiap tahun, karena merupakan fenomena alam atau siklus tahunan yang tidak dapat dicegah.

Namun demikian, diakui, peristiwa abrasi itu selalu menjadi masalah atau gejolak di masyarakat ketika ada lapak atau bangunan milik warga di kawasan garis sempadan pantai yang diterjang gelombang pasang.

Advertisement

“Ini (abrasi) akan jadi ancaman bencana ketika ada bangunan yang berdiri di dalam garis sempadan, makanya satu-satunya perlu ada kajian dan tim untuk terus sosialiasi ke masyarakat, bahwa potensi ancaman ke depan seperti ini lho,” katanya.

Ia mengatakan, tim yang akan dibentuk untuk melakukan kajian potensi abrasi pantai selatan rencananya akan dikomunikasikan untuk direalisasikan pada 2017, mengingat pembentukannya juga melibatkan dari berbagai stakeholder.

Apalagi, kata dia, selain kajian potensi bencana akibat abrasi, tim juga melakukan kajian mengenai penataan bangunan di kawasan pantai selatan, apalagi di sepanjang pesisir selatan Bantul juga dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif