Entertainment
Kamis, 8 September 2016 - 12:15 WIB

SIPA 2016 : Malam Ini, Pembukaan SIPA Diwarnai Pesta Kembang Api

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maskot SIPA 2016, Peni Candra Rini akan tampil pada pembukaan SIPA. (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

SIPA 2016 akan mulai digelar Kamis (8/9/2016) malam ini.

Solopos.com, SOLO – Pembukaan avent Solo International Performing Arts (SIPA) 2016 di Benteng Vestenburg, Kamis (8/9/2016) ini, diwarnai dengan pesta kembang api yang melibatkan para penonton.

Advertisement

Acara pembukaan akan dihadiri Deputi Bidang Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dan Wali Kota Cheongsong, Korea, Hang Dong Son.

Koordinator Humas SIPA, Putri Pramitha W.W, mengatakan setiap penonton yang hadir akan mendapatkan kembang api yang akan dinyalakan bersama pada saat seremonial pembukaan.
“Seremonial pembukaan akan dilakukan maskot SIPA 2016, Peni Candra Rini dan Semak Candra Kirana, Solo, serta dan Direktur SIPA Community, Irawati Kusumorasri dengan menyalakan kembang api yang diikuti para penonton,” katanya kepada Solopos.com, Rabu (7/9/2016).

Menurut dia, persiapan SIPA baik panggung dan para delagasi yang akan tampil sudah siap semua tinggal menunggu waktu pelaksanaan pada Kamis pukul 19.00 WIB. Pada hari pertama imbuh dia, akan tampil Peni Candra Rini, Maya Hasan (Jakarta), Na Hoon Park (Korea), Dewa Budjana (Jakarta), Premijit Manipuri Dance Group (India), dan Djaduk Ferianto dan Kua Etnika (Jogja). “Setiap hari akan tampil antara tujuh sampai delapan delegasi dari dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Advertisement

Pelaksanaan SIPA yang akan berlangsung selama tiga hari yakni Kamis-Sabtu (8-10/9) terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya alias gratis. Putri menambahkan para delegasi SIPA pada Kamis pukul 12.00 WIB akan dijamu makan siang di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung di Jl. Slamet Riyadi.

“Pada makan siang itu juga akan dilakukan penandatangan kerja sama tentang kesenian antara dan Direktur SIPA Community, Irawati Kusumorasri dengan Wali Kota Cheongsong, Korea, Hang Dong Son,” bebernya.

Sementara itu, Peni Candra Rini mengungkapkan akan membawakan kolaborasi musik dan vokal berjudul Mahaswara yang melibatkan sejumlah musisi dari luar negeri serta dalam negeri.
Musisi luar negeri yang terlibat antara lain, Philip Graulty dari Amerika Serikat, Rodrigo Parejo dari Spanyol, Blessing Chimanga dari Zimbawe.

Advertisement

“Saya akan tampil dua kali di SIPA yakni pada Kamis [8/9/2016] dan Jumat [9/9/2016] semuanya kolaborasi dengan musisi lain,” kata seniwati yang juga dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Penampilan pada event SIPA menurut Peni, merupakan kali pertama karena lebih sering pentas di luar negeri, seperti di Canada, Italia, Amerika Serikat, dan Korea.

“Merasa senang tampil di SIPA dan dijadikan maskot event internasional ini,” tandas Peni yang kini membuka Santono Art di Grogol, Sukoharjo.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif