Jogja
Kamis, 8 September 2016 - 05:20 WIB

PAMERAN KOMPUTER : Laptop Lipat dan Tipis Sedang Diminati

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat daftar hot sale yang ditawarkan dalam pameran Yogyakomtek 2016, Rabu (7/9/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Pameran komputer, laptop masih banyak dicari selama Yogyakomtek.

Harianjogja.com, JOGJA-Kegiatan pameran komputer Yogyakomtek yang digelar Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) DIY, dari tahun ke tahun membawa tren tersendiri. Tahun 2016 ini, tren komputer jinjing yang banyak diminati adalah laptop lipat dan tipis.

Advertisement

Indra, marketing Aizza Computer mengatakan, khusus peminat komputer jinjing berukuran kecil, akhir-akhir ini banyak yang mencari model lipat dan tipis. “Biasanya yang beli itu yang suka travelling. Mereka nggak ingin ribet tetapi juga untuk lifestyle,” jelasnya pada Harianjogja.com, Rabu (7/9/2016).

Salah satu laptop lipat yang diminati adalah merek HP X360. Laptop ini dapat dilipat 360 derajat dan dapat digunakan layaknya tablet. Harga di pameran dibanderol Rp4,7 juta dari harga normal toko sekitar Rp5,1 juta. Selain laptop lipat, laptop touchscreen juga sedang menjadi tren saat ini.

Indra mengatakan, selera setiap pengunjung berbeda. Tergantung usia dan fungsinya. Untuk kalangan mahasiswa, mereka banyak mencari laptop dengan spesifikasi yang memadahi untuk pembuatan desain grafis. Sementara kalangan orang tua banyak yang mencari laptop untuk penggunaan standar, seperti untuk mengetik. Dalam sehari, Aizza Computer bisa menjual 50 unit laptop.

Advertisement

Perubahan tren juga terjadi untuk handphone. Penjaga stand handphone Visitel yang enggan disebutkan namanya menyampaikan, saat ini model handphone yang sedang banyak dicari adalah handphone 4G dengan harga terjangkau. “Xiaomi paling banyak laku karena speknya tinggi tapi harga terjangkau,” ujar dia.

Secara merata untuk semua merek, para pengunjung mulai mencari handphone berteknologi 4G. Untuk kategori menengah atas, handphone 4G Samsung dan Oppo juga menjadi incaran. Di kelas middle atau menengah, orang banyak menaruh pilihan pada Xiaomi, sementara di kelas menengah ke bawah ada Advan dan Evercross.

Ketua Panitia Yogyakomtek 2016, Yudo Satrianto mengatakan, jumlah pengunjung pada hari keempat pameran, Selasa (6/9) mencapai 10.000 orang dengan nilai transaksi mencapai Rp9 miliar, naik tajam dari hari sebelumnya yang hanya Rp7 milair.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif