Teknologi
Kamis, 8 September 2016 - 23:30 WIB

Kebiasaan Pengguna Twitter Indonesia, "Makan" Video!

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Twitter (Twitter)

Media sosial terpopuler Twitter memiliki pengguna yang banyak di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Pihak Twitter mengungkapkan ada ratusan juta orang Indonesia Indonesia melakukan tweet setiap tahunnya dan 80% di antaranya mengonsumsi video.

Advertisement

“Pertumbuhannya 80% orang di Indonesia mengonsumsi video di Twitter. It’s very interesting sebenarnya. Bahkan gaming merupakan yang mereka cari,” ujar Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Kamis (8/9/2016).

Menurut Roy, dari beragamnya konten video yang dicari, olahraga terutama sepak bola, musik dan berita selebriti, menempati urutan teratas. “Mulai dari bangun sampai tidur kembali, menggunakan Twitter, intinya mengonsumsi konten musik, selebriti, berita. Bukan hanya musik di Indonesia tetapi di luar juga,” tutur Roy.

Hal ini dipengaruhi komposisi pengguna yang saat ini didominasi para pria muda, sehingga informasi seputar olahraga terutama sepak bola menjadi urutan teratas di media sosial terpopuler Twitter.

Advertisement

“Komposisi pengguna media sosial terpopuler Twitter di Indonesia antara female dan male hampir sama seperti komposisi pengguna Internet di Indonesia, yang predominantly adalah male. Sport, bola, itu merupakan sesuatu yang sangat mereka cari,” kata Roy.

Sementara pengguna perempuan berangsur tumbuh seiring beragamnya informasi yang bisa diakses melalui Twitter semisal resep dan cara memasak. “Pertumbuhan user wanita di Twitter cukup pesat. Mereka mengonsumsi berita macam-macam, cara memasak misalnya. Kami tahu darimana? Pada waktu Ramadan banyak orang mencari resep-resep masakan. Lalu mencari informasi soal susu, ini dilakukan terutama oleh ibu-ibu muda,” jelas dia.

Roy mengatakan tak melulu konten-konten serius, pengguna di Indonesia pun cenderung mengakses sesuatu yang berbau hiburan. “Sekarang ada Gif, create gambar bergerak. Orang bisa merespons sesuatu dengan gambar, namun gambar bergerak. Membantu orang mengekspresikan sesuatu. Atau menambahkan stiker pada foto. Orang bisa bermain-main. Jadi berbicara mengenai Twitter itu serius-serius banget, sebenarnya enggak. Karena banyak hal-hal menarik di Twitter,” pungkas Roy.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif