Soloraya
Kamis, 8 September 2016 - 10:15 WIB

FENOMENA ALAM : Kolam Ajaib di Lahan Kering Wonogiri akan Diteliti

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kolam air muncul di tanah yang ambles di tanah tegal Ndangnibo, Ngargoharjo, Giritontro, Wonogiri. (istimewa)

Fenomena alam berupa kolam di tengah lahan kering di Ngargoharjo, Giritontro, Wonogiri akan dikaji Pemkab.

Solopos.com, WONOGIRI – Munculnya kolam di lahan kering di Ngargoharjo, Giritontro, Wonogiri secara tiba-tiba, mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Dalam waktu dekat, Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) Wonogiri akan meninjau langsung ke lokasi kolam untuk mengkaji lebih lanjut.

Advertisement

Kepala Bidang Geologi Air Tanah dan Energi DPESDM Wonogiri, Patrem Joko Priyono, mengatakan peristiwa amblesnya tanah di tanah tegalan di Ngargoharjo memang perlu mendapatkan perhatian. Hal itu berkaitan dengan kemungkinan adanya sumber air di lokasi tersebut. Sebab selama ini wilayah Giritontro khususnya Ngargoharjo merupakan wilayah yang sering mengalami kelangkaan air saat musim kemarau.

“Untuk itu kami sudah merencanakan untuk meninjau langsung lokasi itu. Hanya saja untuk jadwalnya masih kami sesuaikan,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (7/9/2016).

Baca juga : Ajaib, Muncul Kolam di Tengah Lahan Kering

Advertisement

Menurutnya ada banyak kemungkinan terkait munculnya lubang yang dipenuhi air itu. Patrem mengatakan wilayah Ngargoharjo juga dipenuhi bebatuan. Ada kemungkinan lokasi amblesnya tanah yang kini digenangi air itu merupakan lokasi berkumpulnya air dari dataran yang lebih tinggi yang turun melalui celah-celah batu. Kemungkinan lain memang ada sumber air di bawah kolam. Air kemudian muncul ke permukaan dari celah-celah batu.

“Tapi semua masih kemungkinan. Perlu kajian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya,” kata dia. Sama seperti warga setempat, Patrem juga berharap keberadaan kolam tersebut nantinya dapat menjadi solusi masalah kekeringan yang sering melanda Giritontro. “Semoga saja itu dapat menjadi sumber air baku,” kata dia.

Sementara itu pada hingga Selasa (6/9/2016) kondisi tanah ambles di tanah tegalan di Ngargoharjo masih digenahi air. Volume air tersebut belum mengeluarkan tanda-tanda berkurang.

Advertisement

“Air masih ada, belum berkurang. Kami sudah memerintahkan kadus setempat untuk memasang tulisan peringatan di sekitar tanah ambles. Kami imbau agar warga tidak mendekat apalagi masik ke kolam,” kata Kepala Desa Ngargoharjo, Sumadi kepada Solopos.com, belum lama ini.

Baca juga : Kolam Ajaib di Tengah Lahan Bikin Penasaran Warga Wonogiri

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah lubang besar tiba-tiba muncul di tanah tegalan milik warga di Ngargoharjo, Giritontro, Rabu (31/8/2016). Warga setempat heran, karena lubang yang muncul di daerah kering itu justru dipenuhi air seperti kolam. Lubang berdiameter sekitar 7 meter itu muncul di lahan milik warga Ngasem RT 02/RW 04, Ngargoharjo, Giritontro, Nyono.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif