Teknologi
Rabu, 7 September 2016 - 10:45 WIB

TAHUKAH ANDA?: Inilah Tokoh di Balik Julukan Amerika Negeri Paman Sam

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sam Wilson. (Istimewa)

US yang merupakan United States diplesetkan menjadi Uncle Sam, seorang pedagang daging.

Solopos.com, NEW YORK – Bukan tanpa alasan Amerika Serikat (AS) mendapat julukan Negeri Paman Sam. Penyebutan ini ternyata berawal dari seorang tokoh bernama Samuel Wilson yang sejarahnya dimulai pada tahun 1813.

Advertisement

Mengutip ulasan di laman History, Rabu (7/9/2016), asal-usul nama Paman Sam adalah seorang pria bernama Samuel Wilson. Beliau adalah seorang pemilik perusahaan pengepak daging asal Troy, New York. Samuel Wilson menyuplai daging kepada militer AS sepanjang perang pada 1812.

Samuel Wilson yang lahir pada 1766 mengemas daging-daging itu dalam tong-tong berlabel “US” yang berarti United States atau Amerika Serikat. Namun, para tentara menyebut singkatan US sebagai “Uncle Sam” atau Paman Sam.

Cerita mengenai Samuel Wilson sampai ke telinga media-media lokal. Cerita mengenai Paman Sam kemudian mulai meluas dan dengan cepat pula diterima sebagai nama panggilan bagi Pemerintah Federal Amerika Serikat. Wajahnya kemudian diabadikan dalam kartun di AS.

Advertisement

Samuel Wilson meninggal di usia 88 tahun pada 1854. Paman Sam dimakamkan di samping mendiang istrinya Betsey Mann di Pemakaman Oakwood, Troy, New York. Julukan “Rumah Paman Sam” pun disematkan bagi Kota Troy. Kongres AS pada September 1961 mengakui Samuel Wilson sebagai nenek moyang simbol nasional Amerika, Paman Sam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif