Lifestyle
Rabu, 7 September 2016 - 14:15 WIB

SERBA LIMA : 5 Tempat Rahasia Ini Disensor Google Maps

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - 5 Tempat Disensor Google Maps (Youtube)

Serba lima kali ini menampilkan tempat-tempat rahasia yang disensor Google Maps.

Solopos.com, SOLO — Video unik Youtube ini menyajikan lima tempat rahasia yang disensor Google Maps. Lima tempat rahasia yang disensor Google Maps tersebar di seluruh dunia.

Advertisement

Video unik Youtube berdurasi lima menit 40 detik yang diunggah akun Merekoo itu menampilkan tempat-tempat rahasia yang tidak semua orang boleh tahu. Berikut ini lima daerah yang disensor Google Maps:

1. Peternakan Juction California

Advertisement

1. Peternakan Juction California

Tempat pertama yang disensor Google Maps adalah peternakan Junction California, Amerika Serikat. Peternakan ini berada di tengah-tengah gurun Mojave, California, tepatnya di Junction Ranch, lapangan terbang tempat uji coba militer AS.

Bila membukanya melalui Google Maps, maka akan terlihat gambar peta buram dan bagian yang disamarkan. Ada spekulasi yang berpendapat tempat itu digunakan oleh mliter untuk uji coba drone.

Advertisement

Tempat kedua yang disensor Googke Maps adalah Pulau Sandy di Kaledonia Baru. Pulau Sandy ditemukan oleh Kapten Cook saat melakukan eksplorasi di Australia tahun 1700-an.

Namun, ada beberapa hal janggal, saat membukanya lewat Google Maps, Pulau Sandy seperti sengaja disamarkan. Pada tahun 2012, saat kapal penelitian melewati Pulau Sandy, tidak ditemukan hal-hal mencurigakan.

Bila mencoba mencari pulau tersebut menggunakan Google Maps 2016, maka tidak ada sensor dan bahkan Pulau Sandy hilang dari pantauan Google Maps.

Advertisement

3. Pangkalan Militer Udara Thule

Tempat ketiga yang disensor Google Maps adalah pangkalan militer udara Thule.  Pada masa perang dingin, pihak AS memiliki pesawat-pesawat yang membawa senjata nulir secara teratur.

Namun, pada tahun 1968 terjadi kecelakaan pesawat di pangkalan Thule saat akan lepas landas dan menyebabkan kawasan itu terpapar radiasi nuklir. Akibat kejadian itu, pangkalan militer udata Thule menjadi kawasan rahasia yang membuat Google Maps menyensor wilayah itu.

Advertisement

4. Siberia, Rusia

Tempat keempat yang disensor Google Maps adalah wilayah Siberia, Rusia. Di kawasan gurun Siberia sebelah utara Rusia, ada lahan yang terlihat tidak wajar saat dilihat melalui Google Maps. Saat mencoba melakukan zoom, yang terlihat malah gambar peta kawasan lain, seperti ada sesuatu yang disembunyikan di Siberia.

Jadi, peta di wilayah ini seperti peta dari daerah lain yang dicopy paste ke daerah tersebut. Sehingga tempat itu hingga kini masih menyimpan pertanyaan besar.

5. Kangtea, Nepal

Tempat kelima yang disensor Google Maps adalah Kangtea, Nepal. Daerah yang berada di kawasan puncak pegunungan Himalaya, Nepal, itu menyimpan misteri karena kawasan Kangtea dihilangkan dari Google Maps.

Terlihat ada bagian hitam yang menutupi seluruh wilayah ini ada pendapat yang mengatakan tempat tersebut dahulunya adalah pangkalan militer milik tentara Nazi Jerman.

Tetapi bila mencoba mencarinya menggunakan Google Maps 2016, sensor hitam tersebut hilang dan terlihat tidak ada apapun di daerah tersebut.

Artinya hal tersebut mematahkan dugaan sebelumnya yang mengatakan tempat tersebut merupakan bekas pangkalan militer Nazi, tapi hingga kini tidak ada penjelasan resmi dari Google. Lihat selengkapnya: https://www.youtube.com/watch?v=RLJAeOVQJNU.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif