Teknologi
Rabu, 7 September 2016 - 02:20 WIB

INOVASI TEKNOLOGI : Wow, Megaphone Ini Tidak Bisa Menerjemahkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menyambut Olimpiade 2020, Jepang mengembangkan megaphone yang dapat berfungsi sebagai penerjemah (MIrror)

Inovasi teknologi berupa megaphone dari Jepang.

Harianjogja.com, JEPANG — Sebuah inovasi teknologi tengah dikembangkan untuk mendukung penyelenggaraan Olimpiade 2020 di Tokyo. Megaphone canggih yang dapat menerjemahkan bahasa Jepang ke dalam tiga bahasa asing tengah diteliti.

Advertisement

Dikutip dari Mirror, Senin (5/9/2016), alat yang diproduksi Panasonic ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk leluasa berbicara dengan bahasa jepang. Adapun suara yang dikeluarkan tidak hanya terdengar keras tetapi langsung diterjemahkan ke dalam tiga bahasa asing, yakni Inggris, Korea dan Tiongkok.

Megaphone ini dikembangkan untuk mengantisipasi peningkatan wisatawan asing. Media setempat menyatakan alat ini menjadi “senjata rahasia Jepang”. Alat ini disebut-sebut juga bermanfaat saat terjadi bencana.

ANN News mengunggah video mengenai penggunaan alat ini. Tepatnya saat sejumlah pekerja berlatih mitigasi bencana. Alat ini membantu untuk menerjemahkan ke dalam bahasa asing mengenai kemungkinan korban luka. Megaphone juga dapat dimanfaatkan di bandara atau sistem transportasi lain yang dirasa ramai.

Advertisement

Tokyo berencana menunjukkan inovasi teknologi canggih kepada petonton Olimpiade 2020. Berkat teknologi ini, orang-orang menjuluki acara tersebut sebagai “Olimpiade Masa Depan”.

Pemerintah setempat menganggarkan 400.000 miliar yen atau Rp50 triliun untuk mendukung acara ini. Sejumlah stadion di negara tersebut juga diperbaiki agar dapat menampung 80.000 orang.

Robot juga akan dipersiapkan dan memegang peranan penting dalam kompetisi tersebut. Rencana robot akan membantu masalah transportasi, petunjuk arah dan penerjemah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif