Jogja
Selasa, 6 September 2016 - 03:20 WIB

TOWER ILEGAL : Menara Telekomunikasi Mirip Pohon Kelapa & JPU Bermunculan, Seperti Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menara telekomunikasi yang dibangun di Jalan Batikan, Umbulharjo, Jogja, tampak menerupai pohon kelapa, (Foto diambil Senin (5/9/2016) (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Tower ilegal menyerupai bentuk lain bermunculan

Harianjogja.com, JOGJA— Sejumlah tower atau menara telekomunikasi tak berizin yang saat ini banyak bermunculan dalam bentuk menyerupai pohon kelapa dan lampu penerangan jalan umum (JPU).

Advertisement

Pantauan Harianjogja.com, menara telekomunikasi yang didesain menyerupai pohon kelapa ada di Jalan Batikan, Umbulharjo, selatan kantor Koramil Pakualaman. Desaian menara serupa juga dapat dijumpai di Jalan Imogoiri Timur, Giwangan, Umbulharjo. Kedua tower tersebut dicat coklat, kemudian diujung menara dihiasi dengan daun-daun dari plastik menyerupai daun kelapa.

Sementara menara telekomunikasi yang ada penerangan PJU ditemukan di Jalan Kenari (depan Gelanggang Olahraga Amongrogo), dan dua menara dengan desain serupa juga ditemukan di Pasar Ikan Hias Higienis, Jalan Tegal Ruri Giwangan, dan satu tower di taman dekat Warung Makan Raminten, Kotabaru.

Koordinator Forum Pemantau Independen Fakta Integritas (Forpi) Kota Jogja, Winarta mengaku sudah menelusiri keberadaan menara telekomunikasi yang berkamuflase pohon dan PJU di Jalan Imogiri Timur dan Kota Baru. Menurutnya keberadaan telekomunikasi tersebut jelas-jelas tidak berizin karena pembangunan tower masih dalam moratorium sejak 2011 lalu. Ia meminta Dinas Perizinan segera membongkarnya.

Advertisement

“Pemerintah Kota Jogja jangan mau diperdayai dengan dalih membantu untuk penerangan jalan, padahal untuk kepentingan menara seluler, yang sebenarnya hanya kamuflase karena untuk kepentingan bisnis semata,” kata Winarta, Senin (5/9/2016). Winarta juga meminta agar ada pengawasan dilapangan dan melakukan pencegahan jika ditemukan ada upaya membangun tower.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif