Soloraya
Senin, 5 September 2016 - 19:25 WIB

FENOMENA ALAM : Kolam Ajaib di Tengah Lahan Bikin Penasaran Warga Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kolam air muncul di tanah yang ambles di tanah tegal Ndangnibo, Ngargoharjo, Giritontro, Wonogiri. (istimewa)

Fenomena alam unik terjadi di Wonogiri saat sebuah kolam muncul di tengah lahan kering.

Solopos.com, WONOGIRI – Fenomena alam tak biasa terjadi di Wonogiri. Sebuah lubang besar tiba-tiba muncul di tanah tegalan milik warga di Ngargoharjo, Giritontro, Rabu (31/8/2016 ).

Advertisement

Warga setempat heran, karena lubang yang muncul di daerah kering itu justru dipenuhi air seperti kolam.

Keberadaan lubang di tegalan itu pun banyak menyita perhatian warga. Banyak warga dan anak-anak yang datang untuk melihat lubang tanah itu. Warga berharap lubang yang dipenuhi air itu merupakan sumber air yang nantinya dapat digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan air saat musim kemarau.

Baca juga : Ajaib, Muncul Kolam di Tengah Lahan Kering di Wonogiri

Advertisement

Hingga saat ini belum ada kepastian penyebab munculnya lubang di tegalan yang berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga itu. Menurut Kepala Pelaksana BPBD, Bambang Haryanto, ada kemungkinan lokasi munculnya lubang tersebut berada di atas luweng yang sebelumnya tersumbat.

“Kemungkinan lain memang ada sumber air di bawah lubang itu,” kata Kepala Desa Ngargoharjo, Sumadi, Senin (5/9/2016).

Ke depan pihaknya akan mengkonsultasikannya dengan Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral. Terkait keberadaan air di lubang itu, dalam dua pekan ke depan akan dilakukan penyedotan.

Advertisement

“Ditunggu dulu dua pekan, kalau airnya memang tidak surut, kami siap membantu untuk mencoba menyedot air itu. Tujuannya untuk memastikan sumber air tersebut,” kata dia.

Dia mengimbau masyarakat sekitar tidak memasuki lubang air itu dulu sebelum ada kepastian kondisi lubang. “Kami berharap warga menjaga jarak dengan lubang yang baru muncul itu. Jangan masuk ke air dulu. Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika dugaan bahwa di dalam lubang ada luweng, hal itu berbahaya,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif