Lifestyle
Minggu, 4 September 2016 - 10:00 WIB

TAHUKAH ANDA? : Tongseng Makanan Asli Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tongseng Emprit (JIBI/Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Tahukah Anda tongseng adalah makanan khas di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Saking kayanya keragaman kuliner Nusantara, kadang membuat masyarakat bingung mana yang asli khas Indonesia dan makanan hasil akulturasi budaya.

Advertisement

Salah satu kuliner khas Indonesia yang punya banyak penggemar adalah tongseng. Bila menjadi penggemar tongseng, maka Anda patut bangga pasalnya makanan olahan daging kambing ini asli kuliner Indonesia.

Pakar kuliner Indonesia, Arie Parikesit, mengatakan tongseng punya sejarah yang cukup panjang. Daging kambing memang dibawa dan diperkenalkan oleh pedagang-pedagang asal Timur Tengah, India dan lainnya.

“Tapi proses pengolahan serta bumbu yang dipakai 100% khas Indonesia,” kata Arie Parikesit dalam acara Bango Lestarikan Warisan Kuliner Nusantara dengan Sajian Tongseng, di Jakarta, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Sabtu (3/9/2016).

Advertisement

Olahan kambing mulai banyak dijadikan masakan, beberapa contohnya tongseng dan satai. “Kalau orang masak satai hanya menggunakan daging dan hatinya saja, sementara bagian lain enggak dipakai. Nah ini yang kemudian membuat orang akhirnya mengolah dengan berbagai bumbu dan jadilah tongseng,” lanjut Arie.

Pria yang dikenal hobi menjelajah kuliner Nusantara ini juga mengatakan masakan olahan berbahan dasar kambing khususnya tongseng banyak diolah di daerah Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Bumbunya medok dan kuat tanda tongseng adalah makanan khas Indonesia,” lanjut Arie.

Selain cita rasanya, tongseng memiliki ciri khas lain yakni penggunaan sayuran seperti kol dan tomat. “Sebenarnya ada banyak varian tongseng tapi itu hasil kreasi, yang jadi ciri khas adalah penggunaan sayuran kol dan tomat yang selalu pasti ada di tongseng” pungkas Arie.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif