Jogja
Minggu, 4 September 2016 - 13:20 WIB

PENCURIAN JOGJA : Sewa Hotel, Komplotan Pencuri Asal Jakarta Beraksi di Pusat Perbelanjaan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pencurian Jogja dengan sasaran pusat perbelanjaan berhasil ditangkap.

Harianjogja.com, JOGJA — Kawanan pencuri beraksi di sejumlah pusat perbelanjaan ditangkap petugas Polsek Umbulharjo, Kota Jogja, Sabtu (3/9/2016) pagi. Para pelaku menyimpan pakaian hasil curian sebanyak tiga kantong saat menginap di sebuah hotel kawasan Umbulharjo, Kota Jogja. Ketika beraksi di pusat perbelanjaan mereka menggunakan korset untuk menyimpan hasil curian.

Advertisement

Para pelaku tersebut antara lain, dua wanita bernama Peti, 35, dan Khodijah, 31, serta tiga pria, yaitu Ilon, 26, Syahroni, 36, dan Alfian 22. Seluruh pelaku tercatat sebagai warga Kalideres, Jakarta Barat. Mereka tak berkutik saat petugas Unit Reskrim Polsek Umbulharjo menggerebeknya di dalam hotel.

Kapolsek Umbulharjo AKP Yugi Bayu Hindarto menjelaskan, tertangkapnya komplotan pencuri di pusat perbelanjaan itu berawal saat pihaknya mendapatkan informasi adanya sekelompok tamu mencurigakan di sebuah hotel kawasan Umbulharjo. Mereka menginap di hotel sejak Kamis (1/9/2016) dengan menyewa dua kamar. Setiap kali kembali ke hotel mereka membawa masuk sejumlah kantong plastik yang ternyata pakaian hasil curian.

“Setelah itu kami melakukan penyelidikan berkoordinasi dengan pihak hotel,” terangnya, Sabtu (3/9/2016).

Advertisement

Setelah mendapatkan cukup informasi, pihaknya melakukan penggerebekan di dua kamar hotel yang disewa komplotan ini. Hasilnya dari kedua kamar tersebut ditemukan puluhan pakaian baru dan bermerek yang tersimpan dalam tiga kantong plastik berwarna hitam dengan ukuran besar. Puluhan jenis pakaian itu seperti baju wanita, kemeja, celana dan lain-lain.

Yugi menambahkan, kelima pelaku saat itu juga sudah tidak bisa mengelak. Mengingat sebagian besar pakaian masih terdapat label bahkan teraan harganya. Selain itu, mereka tidak bisa menunjukkan bukti transaksi pembelian.

“Sehingga saat itu juga kami amankan [tangkap] dibawa ke Mapolsek dan mereka mengakui kalau itu barang curian,” imbuhnya.

Advertisement

Hasil penyidikan, lanjut dia, para pelaku datang dari Jakarta menuju Jogja sengaja menyasar sejumlah pusat perbelanjaan untuk mencuri pakaian. Puluhan pakaian itu selain diambil dari pusat perbelanjaan di DIY, terutama di Sleman, juga dicuri dari di beberapa lokasi antara Jakarta menuju Jogja.

“Mereka membawa mobil yang disewanya dadi Jakarta. Kamis dan Jumat sudah mencuri di mal di Sleman” ujar Yugi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif