Sport
Minggu, 4 September 2016 - 22:37 WIB

MOTOGP 2016 : Vinales Juara GP Inggris, Rossi Ketiga

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maverick Vinales (Crash.net)

Motogp 2016 GP Inggris berhasil dimenangkan Maverick Vinales.

Solopos.com, SILVERSTONE – Pembalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales, berhasil menjadi pemenang seri ke-12 Motogp 2016 di Inggris. Vinales mengungguli rider LCR Honda, Cal Cruutchlow, dan pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi.

Advertisement

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016) malam WIB, Cal Crutchlow yang start dari posisi depan langsung disalip Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi kedua. Tapi tak lama berselang kedua pembalap itu disalip Maverick Vinales yang start dari posisi ketiga.

Balapan belum menyelesaikan satu putaran, tapi sudah harus dihentikan. Terjadi insiden yang membuat Red Flag dikibarkan. Pembalap Yamaha Tech 3, Pol Espagaro, bertabrakan dengan Loris Baz (Avintia). Kecelakaan itu cukup hebat hingga keduanya membutuhkan perawatan medis.

Balapan pun kembali dimulai beberapa menit kemudian. Posisi start sama dengan hasil pole position yang diraih saat kualifikasi. Crutchlow terdepan diikuti Rossi, Vinales, Pedrosa, dan Marquez.

Advertisement

Vinales langsung menyalip ke posisi pertama setelah melewati beberapa tikungan. Memasuki lap ketiga, Marquez mampu menyalip Rossi dan Crutchlow untuk berada di posisi kedua di belakang Vinales. Sejauh ini balapan cukup seru lantaran jarak antarpembalap cukup dekat.

Pada lap kelima, Vinales terus menjauh dari kejaran para rival. Bahkan jaraknya dengan Marquez yang berada di posisi kedua mencapai 1,8 detik. Sementara Crutchlow dan Rossi terus memepet Marquez untuk memperebutkan posisi kedua. Usaha Rossi pun berhasil di lap keenam dengan menduduki posisi kedua.

Saat balapan menyisakan 12 lap lagi, Vinales semakin memperlebar jaraknya. Rossi yang berada di posisi kedua pun tertinggal 2,6 detik. Sementara dengan Marquez di tempat ketiga mencapai 2,9 detik, Crutchlow 3,5 detik, dan Pedrosa 3,7 detik.

Advertisement

Pada putaran ke-11, Andrea Iannone tampil cemerlang dan langsung menduduki posisi ketiga di belakang Vinales dan Rossi. Sebelumnya dia mampu melewati Pedrosa, Marquez, dan Crutchlow. Bahkan tak lama berselang ia mampu melewati Rossi untuk menduduki posisi kedua.

Saat balapan menyisakan lima putaran lagi, petaka menghampiri Iannone. Dia terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Di sisi lain, Marquez dan Rossi bersaing ketat memperebutkan posisi ketiga. Kedua pembalap ini saling salip dalam beberapa tikungan beruntun.

Hingga akhir balapan, Vinales tak terkejar dan berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 39 menit 3,559 detik. Di posisi kedua ada Crutchlow dengan selisih 3,480 detik dan Rossi berada di posisi ketiag dengan selisih 4,063 detik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif