Lifestyle
Minggu, 4 September 2016 - 14:35 WIB

Ingin Renovasi Rumah? Perhatikan 4 Hal Ini

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan perumahan (Rachman/JIBI/Bisnis)

Untuk merenovasi rumah Anda harus memiliki perencanaan matang.

Solopos.com, JAKARTA — Melakukan renovasi merupakan hal yang wajar untuk dilakukan karena bangunan rumah memang membutuhkan perawatan secara berkala. Selain itu, faktor kenyamanan dan kebutuhan biasanya menjadi alasan utama lain untuk segera melakukan renovasi rumah.

Advertisement

Renovasi pada akhirnya membuat rumah Anda tampak terawat dan nilai harganya akan naik. Namun, setelah melakukan renovasi biasanya masih saja banyak kasus dimana terjadi ketidakpuasan karena hasilnya yang tidak sesuai. Baca; Aneka Desain Rumah

Maka dari itu, sebenarnya dibutuhkan pertimbangan yang matang sebelum melakukan renovasi rumah. Mari berasumsi Anda sudah memiliki rumah yang akan di renovasi dan simaklah empat hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi rumah, sebagaimana dihimpun dari Antara, Sabtu (3/9/2016):

Advertisement

Maka dari itu, sebenarnya dibutuhkan pertimbangan yang matang sebelum melakukan renovasi rumah. Mari berasumsi Anda sudah memiliki rumah yang akan di renovasi dan simaklah empat hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi rumah, sebagaimana dihimpun dari Antara, Sabtu (3/9/2016):

1. Hitung Anggaran

Menentukan anggaran adalah langkah pertama yang sangat penting dalam setiap proyek renovasi. Anggaran yang sudah ditentukan akan membentuk banyak keputusan tentang bagaimana proyek Anda dirancang dan dilaksanakan.

Advertisement

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan dana cadangan di luar anggaran yang Anda siapkan, dana tersebut berguna sebagai cadangan apabila ternyata biaya yang harus dikeluarkan melebihi biaya.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan renovasi, sebenarnya menggunakan jasa renovasi bukanlah hal yang buruk. Bahkan akan sangat memudahkan, karena Anda hanya perlu memberi informasi seperti renovasi apa yang diinginkan beserta anggaran yang sudah disiapkan.

Maka, pihak jasa renovasi akan berusaha agar renovasi dapat berjalan yang pastinya disesuaikan dengan anggaran yang Anda sudah siapkan. Namun berhati-hatilah dalam memilih jasa renovasi, jangan tergiur dengan harga murah. Carilah jasa renovasi yang professional dan sudah memiliki banyak pengalaman yang baik.

Advertisement

2. Pastikan Kebutuhan Renovasi

Selesai menghitung Anggaran, maka pastikan kembali batasan kebutuhan Anda hingga ingin melakukan renovasi. Kesalahan terbesar yang sering terjadi ketika melakukan renovasi adalah perkiraan kebutuhan Anda. Karena seringkali ketika sudah dalam tahap pembangunan terdapat tambahan yang Anda inginkan sehingga anggaran akan membengkak padahal tambahan tersebut bukanlah prioritas.

Sebagai contoh, Anda melakukan renovasi ruangan dapur. Namun ditahap pembangunan Anda menginginkan tambahan seperti kamar mandi di dekat dapur. Pastinya hal tersebut membuat anggaran membengkak dan mungkin hasilnya akan sedikit mengecewakan Anda karena kamar mandi yang berdekatan dengan ruangan dapur bukanlah hal yang terlalu penting.

Advertisement

Sebagian orang mengabaikan perencanaan batasan kebutuhan renovasi ini, padahal banyak masalah yang bisa saja muncul dari sini. Jadi, hindari penggunaan anggaran yang bisa keluar dari perencanaan awal yang sudah ditetapkan.

3. Durasi Waktu Renovasi

Hal selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan ketika merenovasi rumah adalah jangka waktu renovasi. Ada baiknya dalam melakukan renovasi Anda tidak terburu-buru sehingga hasilnya biasanya akan lebih maksimal dan sesuai rencana.

Namun, bukan berarti melakukan renovasi secara cepat adalah hal yang buruk, namun Anda juga harus memastikan tukang beserta mandornya merupakan orang yang teliti serta bertanggung jawab.

Hal lainnya yang biasanya menjadi masalah ketika ingin melakukan renovasi dalam jangka waktu pendek adalah jumlah tukang. Karena pastinya jumlah tukang yang Anda butuhkan akan lebih banyak tentunya biaya yang harus dikeluarkan juga bertambah.

4. Perhatikan Penyelesaian Akhir

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan pemilik rumah saat renovasi adalah tidak melakukan pemeriksaan dan tidak mempunyai pertimbangan yang tepat saat renovasi sudah selesai.

Jadi, ketika melakukan perencanaan renovasi pastikan Anda juga mempunyai pertimbangan hasil akhir yang diinginkan. Sehingga saat tahap penyelesaian, Anda dapat mengetahui dengan baik apakah renovasi tersebut sudah berjalan baik dan sesuai harapan Anda.

Itulah empat hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi rumah. Rumah merupakan salah satu saksi berbagai perjalanan hidup yang akan dan sudah Anda lalui. Jadi, rawatlah rumah Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif