Sport
Minggu, 4 September 2016 - 15:25 WIB

FORMULA ONE 2016 : Hamilton Samai Rekor Ayrton Senna

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lewis Hamilton (REUTERS/Laszlo Balogh)

Formula One 2016 menyajikan Lewis Hamilton yang menyamai rekor Senna.

Solopos.com, MONZA — Pembalap Mercedes Lewis Hamilton sukses merebut pole position di kualifikasi GP Formula 1 (F1) Monza, Italia, Sabtu (3/9/2016). Hamilton menyamai rekor Ayrton Senna dan Juan Manuel Fangio yang pernah meraih pole di Monza tiga kali berturut-turut dan lima kali pole secara keseluruhan.

Advertisement

Hamilton mencatatkan waktu 1 menit 21,135 detik, selisih 0,478 detik dari rekan setimnya Nico Rosberg yang nangkring di posisi kedua. Duo Ferrari yakni Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen membayangi di grid kedua dalam kualifikasi. Hari itu Ferrari tak cukup cepat untuk memenangi kualifikasi di balapan kandangnya.

Dilansir autosport.com, Mercedes tidak mengulangi penggunaan ban lunak yang menghambat mereka di kualifikasi Spa-Francorchamps. Hamilton hampir 0,3 detik lebih cepat dari Rosberg di putaran pertama di kualifikasi ketiga. Pembalap Inggris ini memerlebar jarak menjadi setengah detik di putaran kedua kualifikasi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 21,135 detik. Hamilton mengaku bangga dapat menyamai rekor yang dicetak legenda F1 Ayrton Senna dan Juan Manuel Fangio.

“Jelas saya sangat gembira hari ini. Tidak menyangka nama saya akan disejajarkan dengan legenda seperti mereka. Saya berharap rekor itu tidak membebani di balapan nanti,” ujarnya seperti dilansir Crash.net.

Advertisement

Sebastian Vettel menerobos di posisi ketiga setelah mencatatkan waktu 1 menit 21,972 detik di putaran terakhir kualifikasi. Kimi Raikkonen sempat lebih cepat dari Vettel seusai menjalani putaran pertama di kualifikasi ketiga. Namun pembalap Finlandia ini gagal memerbaiki catatan waktu di putaran selanjutnya sehingga melorot ke posisi empat.

Pembalap Williams Valtteri Bottas mencatatkan hasil kualifikasi sensasional dengan menempati peringkat lima dengan catatan waktu 1,253 detik lebih lambat dibanding Hamilton. Bottas memecundangi pembalap Red Bull Daniel Ricciardo dengan jarak hanya 0,001 detik. Pembalap muda berbakat Red Bull, Max Verstappen, menyusul di posisi ketujuh di depan duo Force India, Sergio Perez dan Nico Hulkenberg.

Sementara itu mantan rekan Rio Haryanto di Manor Racing, Pascal Wehrlein meraih hasil cukup bagus di kualifikasi dengan menempati posisi ke-14. Dia hanya terpaut 0,042 detik dari Fernando Alonso yang berada di posisi ke-13. Adapun pengganti Rio, Esteban Ocon, harus puas mengawali lomba dari posisi buncit setelah mobilnya rusak saat kualifikasi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif