Jogja
Sabtu, 3 September 2016 - 02:20 WIB

PERTANIAN KULONPROGO : Bantuan Traktor Sia-Sia Sejak 2015, Mengapa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Traktor roda empat bantuan dari Kementerian Pertanian mangkrak tak difungsikan sejak 2015 silam. Kelompok tani serta pemerintah berkilah bahwa alat tersebut belum dirakit lengkap sehingga belum bisa digunakan, Girinyono, Sendang Sari, Pengasi, Jumat (2/9/2016).( Sekar Langit Nariswari /JIBI/Harian Jogja)

Pertanian Kulonprogo tak dapat mengakses bantuan yang menggunakan APBN 2015.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Bantuan traktor roda empat dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementeriaan Pertanian untuk Kelompok Tani Subur Raharjo, Girinyono, Sendang Sari, Pengasih mangkrak. Padahal bantuan yang bersumber dari APBN 2015 tersebut telah disalurkan sejak Februari 2015 silam bersamaan dengan empat pompa air.

Advertisement

Sabar, ketua kelompok tani tersebut mengatakan traktor tersebut tidak dapat digunakan sama sekali karena tidak sesuai dengan kondisi medan.

“Hanya dipanasi saja mesinnya secara berkala, jika dipakai di lahan hanya mbleyar-mbleyer saja”ujarnya ketika ditemui di rumahnya, Jumat (2/9/2016).

Menurut dia, traktor tersebut lebih cocok dipakai di lahan datar ataupun daerah pertanian pesisir pantai.

Advertisement

Padahal, dari total 185 hektar lahan pertanian yang ada di desanya sebanyak 55% didominasi lahan pegunungan. Karena itu, apabila digunakan maka traktor tersebut hanya bisa digunakan di sektar 40% lahan pertanian. Sabar juga beralasan mangkraknya traktor tersebut karena belum dirakit secara lengkap.

Petani yang tergabung dalam kelompok tani ini juga tidak bisa melakukan perakitannya sendiri. Namun, Sabar mengatakan dalam waktu dekat teknisi khusus dari Semarang untuk merakit traktor tersebut dikirim. Kelompok tani ini sebelumnya telah menjalani pelatihan untuk mengoperasikan alat tersebut. Sebenarnya, warga merasa bantuan akan lebih bisa digunakan jika berupa traktor roda dua karena cenderung lebih praktis.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif