Jogja
Sabtu, 3 September 2016 - 17:20 WIB

OPERASI KATARAK GRATIS : Akan Digelar di Kulonprogo, Ini Informasinya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita katarak (Dok/JIBI/Solopos)

Operasi katarak gratis akan digelar di Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO-Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) menyelenggarakan operasi katarak massal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, Kulonprogo pada 18 September mendatang. Layanan operasi tersebut ditargetkan mencapai setidaknya 50 orang.

Advertisement

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Wates, Witarto berharap masyarakat Kulonprogo dan sekitarnya yang membutuhkan operasi katarak bisa segera mendaftar. Tahap awal yang perlu dilalui adalah memeriksakan diri ke Poli Mata RSUD Wates.

“Itu untuk keperluan screening, misalnya kalau tensinya tinggi, bisa diturunkan dulu sebelum operasi. Pendaftaran kami layani sampai hari H,” ungkap Witarto, Jumat (2/9/2016).

Operasi katarak massal merupakan program tahunan Perdami yang diberikan kepada masyarakat secara cuma-cuma atau gratis. Mereka berharap bisa mengoperasi hingga 50 pasien.

Advertisement

Namun, target itu biasanya hanya tercapai sampai sekitar 30 pasien. Menurut Witarto, masyarakat cenderung masih khawatir layanan operasi tidak berjalan optimal karena dilakukan secara massal.

Witarto lalu meminta masyarakat tidak perlu ragu dengan kualitas operasi. Dia ingin masyarakat tidak melewatkan kesempatan yang diberikan Perdami. Dia menambahkan, masyarakat yang memiliki jaminan kesehatan juga boleh mendaftar. “Kita tampil full team dan memakai peralatan terbaik,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif