Jateng
Jumat, 2 September 2016 - 20:50 WIB

SIPA 2016 Fokus ke Seni Suara, Ini Penampil Unggulannya...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pergelaran seni budaya berskala international SIPA 2013 digelar di Benteng Vastenberg, Solo mulai Jumat (20/9/2013). (JIBI/Solopos/Dok.)

SIPA 2016 tinggal menghitung hari, pertunjukan seni suara akan menjadi fokus acara tahunan itu.

Solopos.com, SOLO – Solo International Performing Art (SIPA) 2016 mengangkat tema utama “Maha Swara”. Bukannya tanpa alasan, tema ini diangkat karena SIPA 2016 lebih difokuskan pada pertunjukan seni suara.

Advertisement

“Tema ‘Maha Swara’ dipilih karena tahun ini SIPA lebih berfokus pada pertunjukan yang didominasi seni suara. Tujuannya untuk menyuarakan kemanusiaan,” jelas Zen Al-Ansory. 28, ketua SIPA Community, yang ditemui Solopos.com di sekretariat SIPA, Solo, Jumat (2/9/2016).

Zen, yang sudah aktif di SIPA Community sejak pergelaran pertama 2009 silam, mengungkap bahwa tahun 2016 ini SIPA fokus pada pentas yang sedikit berbeda. Jika tahun-tahun sebelumnya fokus terletak pada desain pentas sehingga memanjakan mata penonton, maka tahun ini fokus berubah pada unsur suara.

Pilihan fokus SIPA 2016 ke suara ini, menurut Zen Al-Ansory, berhubungan dengan standar masing-masing delegasi dan demi memaksimalkan alunan suara kemanusiaan yang ada di setiap pertunjukan.

Advertisement

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SIPA 2016 kembali menghadirkan delegasi-delegasi dari dalam maupun luar negeri. Tahun 2016 ini ada 15 delegasi dari dalam negeri, sebagian di antara penampil utamanya adalah Dewa Budjana, Maya Hasan, Vicky Sianipar, Sruti Respati, dan masih banyak lagi.

Sedangkan delegasi dari luar negeri, tahun 2016 ini tercatat sembilan nama, lebih empat nama dari tahun sebelumnya. Beberapa di antara mereka adalah Philip Graulty (Amerika Serikat), Manipuri Dance Group (India), Rodrigo Parejo (Spanyol), dan Na Hoon Park (Korea).

Zen yang juga menjabat sebagai creative director SIPA 2016 menerangkan jika teknis pemilihan delegasi cenderung memanfaatkan jaringan internal dari seniman-seniman yang sudah dekat dengan SIPA.

Advertisement

Meski demikian, tim kurasi yang dipimpin oleh Irawati Kusumorasri, selaku event director SIPA, tetap membuka kesempatan bagi seniman manapun yang tertarik mengisi acara SIPA. SIPA 2016 akan diselenggarakan pada 8-10 September 2016 di Benteng Vastenburg. (Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Kata Kunci : SIPA 2016 SIPA Community
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif