News
Jumat, 2 September 2016 - 16:30 WIB

PKS Dukung Jokowi Pilih Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komjen Pol. Budi Gunawan seusai fit and proper test calon kapolri, Rabu (14/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/M. Agung Rajasa)

PKS mendukung pilihan Jokowi untuk mengajukan nama Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

Solopos.com, JAKARTA — PKS memberikan sinyal positif atas usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencalonkan Wakapolri Komjen Pol. Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Advertisement

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS Sukamta menilai Budi Gunawan atau BG sosok yang layak menjadi kepala BIN. “Kalau sudah diajukan Presiden ya pantas lah,” kata Sukamta saat dikonfirmasi, Jumat (2/9/2016).

Hal senada disampaikan anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS lainnya, Jazuli Juwaini. Menurutnya Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif untuk menentukan jabatan kepala BIN.

“FPKS menghormati sistem dan alur ini karena itu sudah ada regulasinya, yang kedua, Presiden kan sebagai usernya jadi ya dia yang paling berhak untuk menetapkan siapa orang tepat untuk posisi tersebut,” ujarnya.

Advertisement

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengirimkan surat usulan mengenai pergantian Kepala BIN Sutiyoso dengan Wakapolri Komjen Pol. Budi Gunawan kepada DPR, Jumat (2/9/2016) pagi.

Surat tersebut disampaikan ke DPR melalui Menteri Sekretaris Negara Praktikno. Pratikno datang sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (2/9/2016) di Gedung Nusantara III, DPR, Jakarta.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif