Soloraya
Jumat, 2 September 2016 - 22:40 WIB

PILKADES KARANGANYAR : Pemilihan di Desa Blulukan dan Klodran Dianggarkan Rp111 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkades

Pilkades Karanganyar, dua desa yang menggelar pilkades telah menganggarkan biaya pemilihan.

Solopos.com, KARANGANYAR–Desa Blulukan dan Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar yang mengikuti kepala desa (pilkades) serentak 2016 telah bersiap diri. Kedua desa yang akan menggelar pilkades serentak se-Karanganyar pada November tersebut juga sudah membentuk kepanitiaan meski belum resmi.

Advertisement

Kasi Pemerintahan Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Joko Purnomo ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/9/2016) mengatakan mengenai pemantapan kepanitiaan pihaknya menunggu petunjuk teknis dari kabupaten. Meski demikian panitia sudah membuat rencana anggaran belanja (RAB) pilkades.

“Untuk pelaksanaan pilkades Desa Blulukan selain dana APBD Rp45 juta ada tambahan dana APBDesa Blulukan Rp11 juta. Sedangkan untuk Desa Klodran selain mendapat dana APBD Rp45 juta juga mendapat dana APBDesa Rp10 juta,” ujar dia.

Menurut dia pada November mendatang terdapat 10 desa yang akan menggelar pilkades serentak. Dari jumlah tersebut dua desa di antaranya ada di Kecamatan Colomadu yaitu Desa Blulukan dan Klodran. Masa periodisasi kepala desa (kades) Blulukan berakhir pada 2015, sedangkan masa periodisasi kades Klodran berakhir Desember 2016.

Advertisement

Untuk mencari pengganti, papar Joko, Blulukan harus menunggu pelaksanaan pilkades massal secara serentak. Karena sekarang ada aturan pelaksanaan pilkades serentak, masa kekosongan kepala desa untuk sementara dijabat pelaksana harian.

Guna memperlancar jalannya pilkades di wilayahnya pihaknya telah menginstruksikan pembentukan kepanitiaan. Terkait itu kedua desa tersebut juga telah membuat kepanitiaan lengkap.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif