News
Jumat, 2 September 2016 - 21:10 WIB

Indonesia Paling Rentan Virus Zika, Ini Penjelasannya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nyamuk Aedes Aegypti (zohealth.com)

Indonesia menjadi salah satu negara paling rentan terjangkit virus Zika.

Solopos.com, JAKARTA — Penduduk di India, Indonesia, dan Nigeria paling rentan terpapar virus Zika. Kesimpulan itu berasal dari hasil kajian tim gabungan peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, Oxford University, dan University of Toronto, Kanada.

Advertisement

Kesimpulan hasil penelitian itu diperoleh setelah mencermati skema penularan dengan memperhitungkan jumlah penumpang pesawat yang hilir mudik di negara-negara tersebut. “Negara-negara seperti India, Indonesia, dan Nigeria diprediksi paling berisiko terpapar Zika mengingat terdapat 5.000 penumpang setiap bulan berdatangan dari area endemik Zika,” ujar Oliver Brady, salah satu anggota tim peneliti permodelan matematika dari London School of Hygiene & Tropical Medicine sebagaimana dikutip bbc.co.uk, Jumat (2/9/2016).

Menurutnya, apabila Zika diimpor dari wilayah endemik virus Zika, maka imbas terhadap sistem kesehatan negara-negara itu akan sangat parah. Keparahan imbas virus Zika di Indonesia, sebagaimana disebutkan kajian yang dimuat jurnal ilmiah The Lancet Infectious Diseases itu, tergantung dari kesigapan masyarakat dan pemerintah untuk mencegah, menangkal, dan merespons virus tersebut.

“Temuan kami bisa menawarkan informasi berharga untuk mendukung pembuatan kebijakan kesehatan publik di tingkatan lokal, nasional, dan internasional,” kata Dr Kamran Khan, anggota peneliti dari Rumah Sakit St Michael di Toronto, Kanada.

Advertisement

Saat ini, penduduk di lebih dari 65 negara di dunia telah dijangkiti virus Zika. Di Brasil, virus Zika dikaitkan dengan peningkatan jumlah anak yang lahir dengan kondisi kepala kecil atau disebut mikrosefali.

Penularan virus itu melibatkan nyamuk Aedes aegypti. Akan tetapi, para peneliti mengatakan masih banyak yang belum diketahui tentang virus Zika dan bagaimana cara penyebarannya. Begitu juga dengan spesies nyamuk mana saja yang menyebarkan virus Zika dan apakah ada kalangan masyararakat yang kebal terhadap virus tersebut.

Sejumlah pakar Zika mengatakan risiko penyebaran virus mencapai puncaknya pada musim panas. Saat itu, orang-orang dari berbagai belahan dunia melancong ke Amerika Selatan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Virus Zika
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif