Jateng
Jumat, 2 September 2016 - 15:50 WIB

IDULADHA 2016 : Pemprov Jateng Pastikan Hewan Kurban Cukup

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi transaksi kambing untuk hewan kurban menjelang Iduladha. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Iduladha 2016 disongsong Pemprov Jateng dengan memastikan ketersediaan hewan ternak untuk kurban.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memastikan ketersediaan hewan ternak untuk kurban Iduladha 2016, baik sapi, kambing, domba, maupun kerbau.

Advertisement

“Kami memprediksikan secara keseluruhan kebutuhan hewan kurban di Jateng sekitar 400.000 ekor,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah Agus Wariyanto di Semarang, Selasa (30/8/2016).

Kebutuhan sapi pada Iduladha 2016 ini ditaksir mencapai 100.000 ekor, kambing dan domba sekitar 300.000, dan beberapa di antara umat Islam bakal memilih kerbau. “Prediksi jumlah ini meningkat sekitar tiga kali lipat dari kebutuhan normal harian di Jawa Tengah,” katanya.

Agus Wariyanto memaparkan kebutuhan tersebut dipasok dari beberapa daerah sentra hewan-hewan tersebut, di antaranya dari Boyolali, Wonogiri, Demak, Grobogan, dan Blora. Untuk populasi hewan-hewan ternak tersebut sejauh ini kambing ada sekitar 4 juta ekor, domba 2,3 juta ekor, kerbau 70.000 ekor, dan sapi ratusan ribu ekor.

Advertisement

Sementara itu, terkait dengan kesehatan hewan kurban, pihaknya menugaskan tim untuk melakukan pengawasan kesehatan terhadap hewan ternak. Tujuannya, Pemerintah ingin memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa hewan ternak yang dikurbankan harus benar-benar memenuhi syarat kesehatan.

“Dalam hal ini kami bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. Ada ‘checking’ rutin dan semakin intensif menyambut Idul Adha. Kami juga melibatkan dokter hewan untuk mengecek kondisi hewan-hewan yang akan dikurbankan,” katanya. Hewan dikatakan sehat apabila berbulu halus, lincah, di hidung tidak banyak lendir, dan tidak ada tanda-tanda diare.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif