Lifestyle
Jumat, 2 September 2016 - 21:35 WIB

dr Boyke Sebut Pria Sering Naik Motor Berpotensi Mandul

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Naik Motor (Okezone)

Tips kesehatan kali ini mengenai cara aman berkendara motor agar tidak mengalami kemandulan.

Solopos.com, JAKARTA — Pria yang menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari sebaiknya berhati-hati. Pasalnya mengendarai kendaraan roda dua dalam waktu lama berpotensi menurunkan kesuburan organ reproduksi.

Advertisement

Hal itu diungkapkan seksolog, Boyke Dian Nugraha, atau akrab disapa dokter Boyke. Ia mengatakan mengendarai motor membuat daerah sekitar organ vital menjadi panas karena pada motor posisi jok dekat dengan mesin.

“Ini sudah ada risetnya. Pokoknya jangan sampai daerah selangkangan tergesek dan menjadi panas. Kalau mobil enggak terlalu masalah karena ada AC dan posisi duduk juga biasanya lebih nyaman. Kalau motor, saya lihatnya posisi duduknya panas.,” ujar dr. Boyke, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Jumat (2/9/2016).

Itu sangat memengaruhi kesuburan,” ujarnya. Untuk mengurangi risiko tidak subur, Boyke menyarankan kepada para bikers agar menghindari penggunaan celana ketat. Selain itu, sebisa mungkin berkendara hanya satu jam lalu diselingi istirahat.

Advertisement

“Kalau mau berkendara motor, tolong pakaiannya jangan terlalu ketat dan sebisa mungkin berkendara jangan terlalu lama. Jangan lebih dari satu jam. Bisa istirahat, lalu berdiri. Dengan begini, rasa panas di daerah testis akan berkurang, karena kenaikan suhu satu derajat Celcius saja pada buah zakar akan menurunkan tingkat kesuburan pria itu sendiri,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif