News
Kamis, 1 September 2016 - 09:45 WIB

HAJI 2016 : Waria Lumajang Naik Haji: Saya Orang Saleh, Bukan Salehwati

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sutrisnawati, 52, yang disebut waria asal Lumajang. (JIBI/Antara)

Waria asal Lumajang mengaku mantap berhaji sebagai laki-laki.

Solopos.com, LUMAJANG – Sutrisnawati, 52, mantab menjalankan ibadah haji sebagai laki-laki. Jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 58 Lumajang, Jawa  Timur ini dikenal sebagai Waria asal Lumajang.

Advertisement

Kisah Sutrisnawati diangkat Antara dalam berita bertajuk Waria asal Lumajang Ingin Menjadi Lelaki Saleh Usai Berhaji. Dalam penuturannya, Sutrisnawati mengaku akan berdoa untuk keselamatan di dunia dan akhirat, termasuk diberi kemantapan menjadi laki-laki.

“Saya sudah lama ingin menunaikan ibadah haji, tapi kalau saya seperti begini ya takdir, karena itu saya ingin berdoa di Tanah Suci agar menjadi orang yang saleh, bukan salehwati,” katanya, lalu tertawa.

“Saya berangkat dengan KTP laki-laki, karena petugas Imigrasi memeriksa saya dan saya dinyatakan sebagai laki-laki,” katanya ketika ditemui menjelang keberangkatan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Advertisement

Warga Desa Kunir di Kecamatan Jatimulyo yang bekerja sebagai perias pengantin itu sudah menabung selama sekitar 10 tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji.

“Saya berangkat sendiri, saya mandiri. Saya menunaikan ibadah haji dengan tetangga,” kata waria yang sepintas memang masih memiliki gaya seperti halnya perempuan.

Sutrisnawati masuk ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Rabu (31/8/2016) sore dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Kamis (1/9/2016) sore.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif