Sport
Rabu, 31 Agustus 2016 - 05:00 WIB

KEJUARAAN BULU TANGKIS : Klub Unggulan Masih Mendominasi Sirnas Milo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pebulu tangkis dari sejumlah klub bertarung di babak penyisihan Sirkuit Nasional U-15, U-13 Milo School Competition 2016 di GOR Sritex Arena, Selasa (30/8/2016). (Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos)

Sirnas Milo School Competition 2016 digelar di Solo.

Solopos.com, SOLO — Pebulu tangkis dari klub-klub unggulan merajai babak penyisihan Sirkuit Nasional (Sirnas) Milo School Competition 2016 di GOR Sritex Arena, Selasa (30/8/2016). Belum ada kejutan berarti dari pebulu tangkis asal klub-klub daerah.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pemain-pemain dari Jaya Raya Jakarta, Djarum Kudus dan Mutiara Bandung masih mendominasi babak penyisihan kategori terbuka perorangan (antarklub). Wakil klub unggulan langsung moncer saat pertandingan pertama babak penyisihan dibuka. Meilani Wigyantari (Djarum Kudus) menang dua game langsung atas Amanda Elwasti (Victory Bogor) 21-15, 21-15. Pebulu tangkis Maria Devanya Kelmanutu (Jaya Raya) juga sukses menghentikan perlawanan sengit Leora Lois Ivana (Sinar Solo) dengan skor 21-17, 21-18.

Taufik Gadang Prabowo dari PMS Solo sempat membikin kejutan dengan mengalahkan Rifky Cahya Irhanza dari Jaya Raya lewat perjuangan dramatis. Putra daerah ini menang dalam pertarungan tiga game 21-15, 13-21, 23-21. Namun dominasi klub unggulan atas tim-tim kecil kembali berlanjut di pertandingan lain. Gunawan Akbar  (Inti Badminton Club Klaten) dipaksa menyerah oleh Kenny Setiawan dengan skor 21-13, 21-6.

“Hampir tidak ada kejutan [di babak penyisihan]. Klub-klub unggulan masih berjaya,” ujar Tri Haryanto, Deputi Wasit Pengprov Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Tengah saat ditemui wartawan di arena pertandingan, Selasa (30/8/2016).

Advertisement

Tri melihat masih ada jurang kualitas yang cukup lebar antara klub-klub ibu kota dengan klub kecil di daerah. Menurut Tri, bergugurannya pebulu tangkis dari klub non-unggulan di babak awal menunjukkan kualitas antarklub yang belum merata. Sirnas Milo tahun ini diikuti 555 pemain dari 93 klub bulu tangkis Tanah Air.

“Dari segi kualitas memang masih jauh. Klub-klub non-unggulan perlu menambah porsi latihan agar dapat menyamai klub seperti Djarum, Jaya Raya serta Mutiara.”

Pemain yang lolos babak kualifikasi akan bertarung di babak 32 besar yang dihelat Rabu (31/8/2016). Sementara itu, SMP Tamirul Islam Solo, SMPN 1 Simo Boyolali, SMPN 25 Solo, SMPN 26 Solo, SMPN 2 Mojoloban Sukoharjo dan SMPN 4 (B) Solo sukses maju ke perempatfinal Sirnas kategori beregu SMP Putra. Adapun SDN Begalon 1 Solo, SD Tamirul Islam (C) Solo, SDN Bratan 1 Solo, SDN Kleco 2 dan SD Tamirul Islam (B) Solo melaju ke perempatfinal kategori beregu SD Putra. Empat pertandingan kategori serupa masih akan digelar Rabu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif