News
Rabu, 31 Agustus 2016 - 21:00 WIB

Hotman Paris Ngaku Tarifnya US$12 Juta, Tapi Rugi Rp1 Miliar di Kasus Engeline

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hotman Paris dan Inul Daratista di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (14/11/2015). (JIBI/Liputan6/Faisal R Syam)

Mata Najwa Metro TV menghadirkan Hotman Paris Hutapea. Dia blak-blakan soal tarif dan mengaku rugi Rp1 miliar di kasus Engeline.

Solopos.com, SOLO — Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea berbicara blak-blakan tentang tarifnya sebagai advokat. Pengakuan itu dia ungkapkan saat tampil dalam program Mata Najwa yang disiarkan di stasiun televisi Metro TV, Rabu (31/8/2016) malam ini pukul 20.05 WIB.

Advertisement

Hotman Paris yang sudah berkecimpung di dunia advokat lebih dari 30 tahun itu mengatakan rata-rata kliennya memberinya US$100.000 per kasus. Tetapi ia juga pernah menerima bayaran mencapai US$12 juta.

“Saya pernah menang perkara tambang terbesar di Indonesia. Saya akui saya pernah dapat US$12 juta,” ungkap pria berjuluk Pengacara 30 Miliar itu kepada Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa Metro TV.

Akan tetapi pria yang setiap bulan selalu menangani dua kasus arbitrase di Singapura itu menegaskan dirinya tidak pernah mematok tarif. Semua pembicaraan biaya jasa advokat dilakukan secara pribadi dan melihat faktor lain termasuk kemampuan klien.

Advertisement

“Saya tidak pernah mematok, masyarakat yang menganggap saya mahal. Mahal kalau memang perkaranya besar dan dia sanggup bayar. Tapi itu [tarif] sangat individual case. Ada yang murah, ada yang mahal, tergantung kemampuan klien juga,” imbuh Hotman.

Dalam kesempatan ini, Hotman Paris juga mengakui dirinya pernah merugi hingga Rp1 miliar. Kerugian itu ia derita ketika menjadi pengacara Agus Tae, terdakwa dalam kasus pembunuhan Engeline.

“Saya mau jujur, waktu perkara Agus saya rugi hampir Rp1 miliar. Saya pakai duit saya sendiri. Bolak-balik ke Bali, saya kan naik business class, wajar lah. Masak enggak tahu saya?” paparnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif