Jogja
Selasa, 30 Agustus 2016 - 09:21 WIB

BEASISWA PENDIDIKAN TINGGI : Beasiswa Sri Sultan HB X ke Australia, Tertarik?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ijazah (JIBI/Dok)

Beasiswa pendidikan tinggi didukung pemerintah Australia

Harianjogja.com, JOGJA — Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedung Wilis Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Senin (29/8/2016) pagi. Grigson membahas kerja sama tentang pendidikan antara Pemerintah Australia dan Pemerintah DIY.

Advertisement

Grigson menyampaikan dalam pembahasan pendidikan tinggi itu, dibahas tentang beasiswa akan diberikan oleh University of Tasmania, New South Wales, Australia kepada pelajar dan mahasiswa di DIY. Sebagai catatan, di negeri Kanguru, universitas ini merupakan perguruan tinggi negeri dan memiliki program studi maritim yang masuk dalam rangking lima besar dunia.

Menurutnya, pemberian beasiswa khusus itu untuk menghormati Ngarso Dalem Sri Sultan HBX. Selanjutnya beasiswa tersebut akan diberi nama beasiswa Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Dalam konteks ini didukung oleh Dubes Australia mewakili pemerintah Australia,” tegasnya.

Advertisement

Sementara terkait pendidikan primer, dibahas tentang kerjasama untuk meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah setingkat SMA dan madrasah. Kerjasama ini akan dilakukan oleh Australia dengan Pemerintah DIY yang langsung dikoordinasikan oleh Dubes Australia dan Gubernur DIY.

Grig menilai pentingnya meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatakan kualitas pendidikan guru. Karena kualitas guru sangat menentukan pertumbuhan anak atau pelajar.

“Apa yang dialami di Australia dan Indonesia, sama-sama merasakan betapa pentingnya pendidikan guru dalam pertumbuhan anak, oleh karena itu pelatihan di dalam kepemimpinan, hal ini madrasah dan SMA akan diselenggarakan,” urai dia. Adapun untuk fokus beasiswa pendidikan tersebut mencakup program studi keperawatan dan maritim.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif