Soloraya
Selasa, 30 Agustus 2016 - 12:35 WIB

AKSI MASSA DI KLATEN : Kapolres: Pemicu Hanya Persoalan Sepele

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bariyah, warga Dukuh Ngeseng, Desa Jambukulon, Kecamatan Ceper menunjukkan kaca rumahnya yang rusak akibat lemparan batu, Selasa (30/8). Massa yang terdiri dari ratusan orang menggeruduk kawasan Dukuh Ngeseng pada Senin (29/8/2016) malam. (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

Aksi warga di Klaten berupa perusakan terjadi di Dukuh Ngeseng, Jambukulon, Ceper, Senin (29/8/2016) malam hingga Selasa (30/8/2016) dini.

Solopos.com, KLATEN – Kapolres Klaten, AKBP Faizal, mengatakan aksi perusakan di Dukuh Ngeseng, Desa Jambukulon, Kecamatan Ceper disebabkan lantaran persoalan sepele.

Advertisement

Ia mengatakan pada Minggu (28/8/2016) malam terjadi perkelahian antara salah satu warga dengan anggota perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

[Baca Juga: Hendak Jemput Istri, Warga Ceper Malah Luka-Luka Kena Pukulan]

Kasus perkelahian itu sudah dimediasi pada Senin (29/8/2016) siang. “Sudah diselesaikan secara kekeluargaan. Sudah ada surat pernyataan juga,” ungkap Kapolres saat ditemui di Mapolres, Selasa (30/8/2016).

Advertisement

Namun, aksi massa masih terjadi pada Selasa malam. “Mediasi ternyata tidak memberikan dampak signifikan. Dampaknya, masih terjadi seperti ini,” ungkapnya.

[Baca Juga: Ratusan Orang Rusak Permukiman di Ceper, Warga: Anak Sampai Masuk di Kolong]

Atas peristiwa itu, Kapolres menegaskan bakal menindak tegas terutama bagi anggota kelompok yang membawa senjata tajam.

Advertisement

“Saya sudah ngomong ke pimpinan PSHT, yang terbukti membawa senjata tajam akan kami tindak. Bagi yang tidak, mereka diperbolehkan pulang asalkan dijemput orang tua dan guru bagi yang masih sekolah. Dijemput keluarga dan pimpinan tempat kerja bagi mereka yang bekerja,” ungkapnya.

Kapolres mengatakan dari kejadian itu pihaknya mengamankan berbagai jenis senjata tajam serta bambu yang dibawa anggota massa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif