Soloraya
Senin, 29 Agustus 2016 - 17:40 WIB

SELEKSI PEJABAT SUKOHARJO : Pansel Serahkan 18 Nama Peserta ke Bupati

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengarahan calon Sekda Kota Solo oleh Panitia Seleksi (pansel) di Balai Kota Solo, Selasa (9/8/2016). Pengarahan tersebut dihadiri tujuh calon Sekda. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Seleksi pejabat Sukoharjo memasuki tahap akhir dengan penyerahan 18 nama calon pejabat eselon II kepada bupati.

Solopos.com, SUKOHARJO–Panitia Seleksi lelang jabatan eselon II di enam dinas Pemkab Sukoharjo telah menyerahkan 18 nama ke Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Senin (29/8/2016). Lima peserta seleksi dinyatakan gugur di tahap akhir yaitu psikotes dan wawancara. Ke-18 nama itu terbagi dalam kandidat kepala di enam dinas. Satu dinas terdiri atas tiga nama.

Advertisement

“Anggota pansel sudah memutuskan nama-nama. Masing-masing dinas ada tiga nama kandidat dan Bupati memiliki kewenangan untuk memilih satu di antara tiga diangkat menjadi kepala. Sekarang bola ada di Bupati,” ujar Ketua tim pansel, Anwar Hamdani, kepada wartawan seusai penyerahan, Senin.

Diakui Anwar, ada lima peserta yang gagal di tahap akhir. Menurutnya, Bupati tak terpaku pada nomor urut kandidat yang ditulis atau direkomendasikan oleh pansel. “Ketiga kandidat telah memenuhi syarat dan bakat. Jadi tak harus yang nomor satu yang dipilih Bupati. Kemungkinan pelantikannya dilakukan pertengahan September mendatang.”

Lebih lanjut Anwar menyatakan, sesuai regulasi tugas pansel memilih tiga kandidat di setiap dinas. Menurutnya, tiga kandidat Kepala DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten) dan Kepala BPMPP (Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan) otomatis lolos karena tinggal tiga orang di tes tahap kedua. “Lima nama peserta yang tak lolos tersebar di Disdik, Dishubinfokom dan Satpol PP. Dua kandidat lain berada di Disnakertrans karena di tahap kedua masih menyisakan lima peserta sehingga dikerucutkan menjadi tiga orang,” jelasnya.

Advertisement

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, belum bersedia memberikan keterangan karena belum membuka hasil seleksi yang diserahkan pansel. “Tunggu saja.”

Sebelumnya, Bupati seusai penyerahan alat pertanian di Desa Godok, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo menegaskan, hasil seleksi pejabat eselon II oleh panitia seleksi ditunggu dan digunakan. Artinya, distribusi pejabat yang dinyatakan lulus tak menunggu Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru.

“Pejabat eselon III yang promosi ke eselon II hasil pansel tetap dilantik pada September mendatang.”

Advertisement

Dalam laman bkd.sukoharjokab.go.id ditulis enam jabatan yang dilelang adalah Kepala Disdik, Kepala Dishubinfokom, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Satpol PP, Kepala BPMPP dan Kepala DKK. Diberitakan sebelumnya, sebanyak 23 calon kepala dinas/badan atau pejabat eselon II masih melenggang ke tahap tes kesehatan dan psikologis serta tes wawancara.
Mereka yang lolos masih menjalani tes kesehatan dan psikologi serta wawancara yang dijadwalkan pada 23-24 Agustus mendatang. Wawancara dilaksanakan pada 23 Agustus di Ruang Rapat Wabup Sukoharjo sedang tes kesehatan dan psikologi dilaksanakan 24 Agustus di RSUD Sukoharjo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif