Jogja
Senin, 29 Agustus 2016 - 18:55 WIB

PILKADA KULONPROGO : Beberapa Tahapan Dianggap Lebih Rawan Masalah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pencermatan data pemilih. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pilkada Kulonprogo rawan masalah dalam sejumlah tahapan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Divisi Perencanaan dan Informasi, Sumber Daya Manusia, dan Organisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo, Marwanto menyatakan sejumlah tahapan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 dinilai cenderung lebih rawan masalah.

Advertisement

Kondisi tertentu dianggap bakal sangat berpengaruh terhadap angka partisipasi pemilih.

Marwanto mengatakan, pemutakhiran data pemilih menjadi salah satu tahap persiapan awal yang krusial. Tim dituntut memastikan semua calon pemilih tidak kehilangan hak suara karena kendala administratif.

Masyarakat diharapkan proaktif dan ikut mengawal proses yang ujung tombaknya ada pada Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Lebih baik segera melaporkan kepada petugas masing-masing wilayah apabila menemukan ada data yang kurang lengkap.

Advertisement

Tahapan penting lain yang perlu diwaspadai adalah hari pemungutan suara, terutama di wilayah terdampak pembangunan bandara New Yogyakarta Interational Airport (NYIA). Gejolak sosial yang terjadi diperkirakan dapat memperbesar kemungkinan adanya gerakan golput.

“Mungkin yang di dekat lokasi bandara. Itu ada kaitanya dengan angka partisipasi pemilih,” kata Marwanto saat dihubungi pada Minggu (28/8/2016) malam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif