Soloraya
Senin, 29 Agustus 2016 - 18:15 WIB

BURSA SEKDA SOLO : 6 Calon Sekda Lolos Uji Kompetensi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengarahan calon Sekda Kota Solo oleh Panitia Seleksi (pansel) di Balai Kota Solo, Selasa (9/8/2016). Pengarahan tersebut dihadiri tujuh calon Sekda. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Bursa Sekda Solo, enam calon sekda lolos mengikuti uji kompetensi yang digelar tim Pansel.

Solopos.com, SOLO–Sebanyak enam peserta seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Solo dipastikan lolos ujian kompetensi. Hasil pengumuman ujian kompetensi tersebut diumkan Panitia Seleksi (Pansel), Senin (29/8/2016).

Advertisement

Ketua Pansel Sekda, Anwar Hamdani, mengatakan tim sudah menguji enam peserta seleksi sekda dengan ketat melalui ujian kompetensi, di gedung Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Universitas Sebelar Maret (UNS) Solo, Selasa-Rabu (23-24/8/2016). Materi ujian tersebut meliputi pengelolaan Manajemen organisasi dan bidang kepemimpinan.

“Kami mengumumkan enam peserta seleksi Sekda Solo lolos ujian kompetensi,” ujar Anwar saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Anwar mengatakan keenam peserta seleksi sekda selanjutkan dengan tes wawancara, Selasa (30/8/2016). Tes wawancara tersebut merupakan tes terakhir yang diadakan tim Pansel Sekda.

Advertisement

“Kami akan menggelar ujian wawancara kepada enam peserta seleksi Sekda di ruang rapat Wali Kota Solo pukul 14.00 WIB,” kata dia.

Ia mengatakan masing-masing peserta seleksi sekda memiliki peluang sama untuk lolos di seleksi wawancara. Setelah hasil tes wawancara selesai langkah selanjutnya adalah tim pansel menggelar rapat pleno untuk menentukan tiga nama calon untuk diserahkan kepada Wali Kota Solo.

“Wali Kota nanti akan memilih satu dari tiga nama calon Sekda hasil rapat pleno untuk diserahkan kepada Gubernur Jateng,” kata dia,

Advertisement

Ia mengatakan keenam perserta seleksi sekda yang lolos ujian kompetensi yakni Budi Yulistianto (Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset), Rakhmat Sutomo (Asisten Administrasi Setda), Widdi Srihanto (Kepala Badan Lingkungan Hidup), Untara (Kepala Kantor Inspektorat), M Said Romadlon (Asisten Pemerintahan Setda), serta Etty Retnowati (Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga).

Anwar mengakui dalam seleksi ini sangat ketat karena mereka rata-rata penjabat senior yang sudah kenyang pengalaman dibirokasi. Persaiangan mereka dapat dilihat ketika memaparkan visi misi dihadapan tim pansel.

“Kami akan lebih ketat dalam melakukan tes wawancara. Tim Pansel nanti akan menanyakan seputar integritas dan komitmen mereka ketika menjadi Sekda difinitif,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan Pemkot menargetkan seleksi Sekda harus sudah selesai akhir bulan ini. Pada awal September akan menyerahkan satu nama calon Sekda ke Gubernur untuk menjadi Sekda difinitif.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif