Lifestyle
Minggu, 28 Agustus 2016 - 02:00 WIB

TIPS TRAVELING : Begini Cara Aman Berkendara Bersama Anjing Kesayangan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anjing mengendarai Vauxhall (Youtube)

Tips traveling kali ini tentang  cara aman berkendara bersama anjing.

Solopos.com, SOLO — Melakukan perjalanan bersama hewan kesayangan sudah biasa dilakukan para pemilik hewan piaraan baik untuk perjalan jauh ke lokasi wisata dan sekadar berjalan-jalan menuju tempat olahraga atau pada hari bebas kendaraan.

Advertisement

Namun, manjanya perilaku hewan kesayangan misalnya naik ke pangkuan saat Anda mengemudi atau berkeliling di dalam mobil tentunya akan mengganggu fokus berkendara.

Selain itu, perilaku pengendara yang kerap mengelus hewan atau memberikan makan sambil mengemudikan mobil di jalan raya tentunya sangat berpotensi kecelakaan. Berikut kiat aman berkendara bersama anjing kesayangan dilansir Cars, Sabtu (27/8/2016):

Advertisement

Selain itu, perilaku pengendara yang kerap mengelus hewan atau memberikan makan sambil mengemudikan mobil di jalan raya tentunya sangat berpotensi kecelakaan. Berikut kiat aman berkendara bersama anjing kesayangan dilansir Cars, Sabtu (27/8/2016):

Jauhkan dari Pangkuan

Jauhkan anjing dari pangkuan dan jangan membelai anjing selama berkendara. Tindakan memangku, membelai hingga memberi makan sangat mengganggu konsentrasi berkendara. Untuk itu sebaiknya Anda menempatkan anjing di kursi penumpang baris kedua.

Advertisement

Orang dewasa memang diwajibkan mengenakan sabuk pengaman saat berkendara mobil, namun tidak ada peraturan yang menyebutkan anjing juga harus menggunakan sabuk pengaman.

Namun tidak ada salahnya bila Anda menggunakan sabuk pengaman khusus untuk anjing kesayangan. Selain menjaga anjing tidak berkeliaran di mobil, keselamatan hewan juga terjamin bila terjadi pengereman mendadak. Sabuk pengaman untuk hewan sudah banyak dijual di toko aksesoris atau toko khusus perlengakapan hewan.

Gunakan Kandang Jinjing

Advertisement

Bila hewan kesayangan Anda terlalu mungil untuk dikenakan sabuk pengaman, Anda bisa menggunakan kandang jinjing untuk mencegah hewan berkeliaran di dalam mobil agar perhatian Anda tidak terganggu selama berkendara.

Namun, Anda harus memastikan kandang travel itu telah melewati uji kecelakaan untuk meminimalisir potensi hewan terjebak atau terjepit bila terjadi kecelakaan.

Hindari Kepala Anjing Keluar Jendela

Advertisement

Membiarkan anjing mengeluarkan kepalanya dari mulut jendela untuk merasakan angin memang menyenangkan. Namun, hal itu bisa berbahaya bila ada material debu atau ranting pohon yang mengenai hidung, telinga dan mata.

Membiarkan anjing menikmati udara dari jendela juga menggangu konsentrasi karena Anda akan terus menengok guna memastikan anjing dalam keadaan aman.

Jangan Tinggalkan Sendirian

Jangan pernah tinggalkan anjing sendirian di dalam mobil yang terparkir karena suhu di dalam kabin akan semakin panas sehingga memicu anjing berontak guna mencari jalan keluar. Lebih baik tinggalkan anjing di rumah daripada membiarkannya sendirian di dalam mobil yang anda tinggalkan untuk suatu keperluan.

Usahakan Anjing Menatap ke Depan

Sama seperti manusia, anjing juga bisa mengalami mabuk perjalanan. Untuk itu Anda sebaiknya menjaga anjing tetap menatap ke depan karena membiarkannya melihat sisi kanan dan kiri dalam perjalanan justru membuat mereka pusing dan mual, terutama untuk anjing usia muda yang struktur telinga untuk mengatur keseimbangan belum sempurna.

Jaga Suhu Mobil Tetap Sejuk

Menjaga suhu mobil tetap sejuk dan menyeimbangkan tekanan udara di luar dan di dalam mobil juga sangat membantu agar anjing Anda tidak mengalami mabuk perjalanan. Suhu sejuk juga memberikan pengalaman positif bagi sebagian anjing yang merasakan cemas saat berada di dalam mobil.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif