Otomotif
Sabtu, 27 Agustus 2016 - 17:10 WIB

TIPS OTOMOTIF : Lakukan 5 Hal Ini Supaya Radiator Mobil Selalu Baru

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin mobil overheat. (Pistonheads.com)

Tips otomotif kali ini tentang merawat radiator mobil.

Solopos.com, SOLO – Radiator berperan penting dalam menjaga suhu mesin mobil agar tidak overheat atau panas berlebih. Untuk itu radiator perlu dirawat secara rutin. Caranya tidak sulit dan bisa disimak pada tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Untuk diketahui, radiator mobil bekerja mengandalkan air atau cairan pendingin (coolant), pelumas, dan udara. Karena itu ketika melakukan perawatan, perhatikan komponen yang berhubungan dengan tigal hal tersebut.

Berikut ini adalah bagian-bagian radiator mobil yang harus dirawat dengan baik sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Daihatsu.co.id, Jumat (26/8/2016):

1.Kisi-kisi Udara
Bagian luar radiator berupa kisi-kisi bertugas sebagai jalur keluar masuk udara. Apabila kisi-kisi kotor, arus angin bisa terhambat dan pendinginan mesin tidak maksimal. Untuk membersihkannya cukup menggunakan kuas halus dan menekannya ringan.

Advertisement

2. Bagian Dalam
Penyakit yang mengintai bagian dalam radiator umumnya adalah karat, terlebih pada mobil berumur. Karat yang menggumpal bisa menghambat bahkan melumpuhkan pendinginan. Untuk itu kuras air radiator minimal setahun sekali supaya tidak berkarat.

3. Selang
Komponen yang menjadi penghubung utama antara mesin dan radiator itu daya tahannya akan terus menurun karena selalu terpapar tekanan air dan suhu tinggi. Apabila terdeteksi ada kebocoran, sebaiknya langsung ganti sebelum menjadi lebih parah.

4. Tutup Radiator
Ukurannya yang kecil membuat tutup radiator sering disepelekan. Pahadal perannya sangat besar, apabila pegas dan karet penyekat tutup rusak maka temperatur mesin mobil bisa langsung overheat. Untuk itu pastikan pegas dan karet berfungsi dengan baik.

Advertisement

5. Pompa Oli
Komponen terakhir yang wajib dirawat adalah pompa oli. Seperti kisi-kisi radiator, pompa oli jika tersumbat juga berdampak pada meningkatnya suhu mesin secara drastis dan bisa menyebabkan mobil mati tiba-tiba.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif