Jogja
Sabtu, 27 Agustus 2016 - 05:40 WIB

PERTANIAN KULONPROGO : Kekurangan 230 Unit Traktor, Banyak Lahan Tak Kebagian

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi traktor (JIBI/Solopos/Dok.)

Saat ini posisi traktor yang tersebar di kelompok tani sebanyak 799 unit pada akhir 2015.

Harianjogja.com, KULONPROGO– Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, mengalami kekurangan traktor sebanyak 230 unit untuk mengolah lahan sawah seluas 10.300 hektare.

Advertisement

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertan) Kulon Progo Bambang Tri Budi di Kulon Progo, mengatakan saat ini posisi traktor yang tersebar di kelompok tani sebanyak 799 unit pada akhir 2015.

“Traktor tersebut untuk mengolah lahan sawah seluas 10.300 hektare. Total traktor yang dibutuhkan sebanyak 1.030 unit,” kata Bambang seperti dikutip Antara, Jumat (26/8/2016).

Ia mengatakan idealnya satu unit traktor dapat digunakan untuk mengolah lahan seluas 14 hektare, maka yang dibutuhkan sebanyak 736 unit. Tapi di lapangan, kemampuan satu traktor hanya mampu mengerjakan 9-10 hektare sehingga, traktor yang dibutuhkan untuk mengolah lahan seluas 10.300 hektare adalah 1.030 unit.

Advertisement

“Pada Agustus ini, kami mendapat bantuan alat mesin pertanian berupa 30 unit traktor, dan 15 unit pompa air. Kami berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan, sehingga pengolahan lahan dapat dilakukan secara serentak,” katanya.

Di sisi lain, Kementerian Pertanian menargetkan luas tanam setiap masa tanam seluas 7.600 hektare, di Kulon Progo baru mampu 4.092 hektare. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kekurangan alat mesin pertanian (alsintan), infrastruktur irigasi dan sarana dan prasarana pertanian lain.

Selain itu, Kementerian Pertanian menargetkan swasembada lima komoditas yakni padi, jagung, kedelai, bawang merah dan cabai. Pada 2015, dua komoditas masuk sasaran swasembada yakni cabai dan bawang merah.

Advertisement

“Kami ditingkat kabupaten memberikan bantuan berupa bibit, dan pupuk,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif