News
Sabtu, 27 Agustus 2016 - 11:15 WIB

Kantor Pos Solo Kembangkan Layanan Same Day Delivery

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Pos Gladak Solo melayani pelanggan yang melakukan pengiriman barang, Kamis (7/4). Kantor Pos Gladak Solo mulai Senin (11/4/2016) membuka pelayanan hingga pukul 22.00 WIB. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kantor Pos Solo menghadirkan layanan baru di wilayah Joglosemar.

Solopos.com, SOLO–Kantor Pos Cabang Solo berencana menghadirkan layanan same day delivery untuk wilayah Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar). Hal ini sebagai salah satu upaya untuk peningkatan layanan kepada pelanggan.

Advertisement

Wakil Kepala Kantor Pos Cabang Solo, Adhy Widjayanto, mengungkapkan layanan same day delivery telah dilakukan uji coba beberapa waktu lalu. Program baru ini merupakan salah satu bentuk inovasi layanan untuk mempercepat waktu tempuh.

Namun diakuinya berdasarkan evaluasi uji coba, program ini belum berjalan dengan maksimal. Hal ini karena surat atau dokumen yang datang biasanya baru bisa diantar ke tempat tujuan pada pukul 20.00 WIB atau 21.00 WIB. Pada jam tersebut kantor biasanya sudah tutup dan beberapa ada yang menolak menerima kiriman surat.

“Saat ini kami sedang mencari formula yang tepat supaya layanan ini bisa berjalan dengan efektif, seperti sejak awal ada konfirmasi bahwa surat atau dokumen yang dikirim akan diterima di tempat tujuan meski pengantaran dilakukan malam hari,” ungkap Adhy saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (26/8/2016).

Advertisement

Dia mengatakan memasuki usia 270 tahun, PT Pos berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Perayaan ulang tahun kali ini Kantor Pos Cabang Solo melakukan potong tumpeng dan upacara di Benteng Vastenburg. Selain itu, PT Pos juga melakukan dialog dengan masyarakat untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.

“Kami juga memberi voucher untuk 26 pelanggan pertama sehingga pelanggan yang melakukan transaksi pengiriman surat, paket, membeli perangko atau transaksi lainnya senilai Rp26.000 cukup membayar Rp270,” kata Adhy.

Dia mengungkapkan kinerja Kantor Pos Cabang Solo secara umum pada semester I naik 20%-25% jika dibandingkan tahun lalu. Namun untuk layanan pengiriman surat dan paket ada kenaikan hingga 35%. Kenaikan tersebut ditopang banyaknya agen pos sehingga memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan produk PT Pos. Dia mengatakan tahun ini ada tiga target yang ingin dicapai, diantaranya double revenue, cost reduction atau efisiensi, dan penurunan jumlah komplain.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif