News
Jumat, 26 Agustus 2016 - 17:00 WIB

Rekam E-KTP Belum Beres, Mendagri Ingin Pemilu 2019 Pakai E-Voting

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rekam Data e-KTP (Dok/JIBI/Solopos)

Rekam e-KTP belum beres hingga kini. Namun Mendagri sudah menargetkan e-voting dengan e-KTP untuk Pemilu 2019.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ingin electronic voting atau evoting dilaksanakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dengan menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) basis datanya.

Advertisement

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan pihaknya ingin persoalan e-KTP tuntas pada 2017 sehingga pemerintah dapat melakukan persiapan pelaksanaan e-voting untuk Pemilu 2019. “Kami memang berharap e-KTP selesai pada 2017, karena persiapan Pemilu 2019 dengan evoting akan mulai dilakukan pada 2018. Pelaksanaan e-voting juga menyaratkan e-KTP ,” katanya, Jumat (26/8).

Tjahjo menuturkan penyelesaian data kependudukan harus tetap dilakukan meskipun blanko untuk e-KTP sedang habis. Dia pun meminta masyarakat untuk melakukan perekaman data kependudukan agar memperoleh nomor induk kependudukan (NIK) tunggal.

NIK itu nantinya akan tercatat secara manual dan dapat dijadikan bukti bahwa masyarakat telah melakukan perekaman data kependudukan. Untuk dapat memperoleh eKTP, masyarakat dapat mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Advertisement

“Warga Jakarta dapat langsung mendatangi Kantor Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil di Kementerian Dalam Negeri, untuk mendapatkan eKTP dengan cepat,” ujarnya. Baca juga: Belum Beres, Mendagri: Kalau Tidak Rekam E-KTP Rugi Sendiri!

Tjahjo Kumolo juga menjamin kemudahan dalam mengurus e-KTP, karena tidak lagi menggunakan surat pengantar dari Ketua Rukun Tangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW). Baca juga: Rekam Data E-KTP Paling Lambat 30 September 2016, Ini Sanksi Jika Terlambat!

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif