Sport
Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:30 WIB

LIGA ITALIA : Komposisi Skuat Dibatasi, Juve Berang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Juventus merayakan kemenangan Coppa Italia 2015/2016. (Twitter)

Liga Italia menerapkan peraturan anyar.

Solopos.com, TURIN — Kompetisi Serie A Italia punya peraturan baru untuk musim 2016/2017 soal komposisi skuat setiap tim. Regulasi yang dianggap membatasi gerak klub ini pun mendapat tentangan dari Juventus selaku juara bertahan. La Vecchia Signora, julukan Juventus, tak terima lantaran menilai aturan itu membikin klub tak bisa berkembang.

Advertisement

Dilansir Footballitalia.net, Rabu (24/8/2016), setiap klub mesti mendaftarkan sebanyak 25 pemain yang sudah memenuhi syarat. Persyaratan itu antara lain dengan adanya empat pemain yang berasal dari skuat muda atau junior masing-masing tim. Selain itu, empat pemain lain harus sudah malah melintang di Serie A dalam beberapa musim.

Meskipun secara teknis tidak menyebutkan delapan pemain bersyarat itu harus orang Italia, tetapi regulasi ini dibikin demi membantu perkembangan pemain lokal. Selain itu, aturan ini juga mencegah klub mengandalkan jasa para pemain asing.

“Ini aturan yang bisa membatasi klub. Kami sedang mencoba untuk memperbaiki hasil tim. Tapi, regulasi ini mendadak diterapkan. Ini tidak masuk akal. Bagi Italia ini menjadi preseden buruk karena sangat membatasi klub,” papar Direktur Olah Raga Juventus, Beppe Marotta.

Advertisement

Aturan ini pun membuat Bianconeri pusing karena mereka cukup aktif dalam bursa transfer musim panas ini. Alhasil, ini membikin klub-klub Italia tak bisa bergerak leluasa untuk mendapatkan pemain idaman. Mereka harus mengurangi jumlah skuat.

“Sepak bola Italia tidak siap dengan aturan ini. Khususnya untuk tim besar seperti Juventus. Kami harus tampil dalam tiga kompetisi sekaligus dan bermain lebih dari 50 partai semusim,” imbuhnya.

Sebenarnya, regulasi ini sudah diperkenalkan sejak musim 2015/2016 lalu. Namun demikian, saat itu masih bersifat transisi. Hal ini berlaku penuh di musim baru ini. Syarat ini ditetapkan bertujuan untuk melancarkan regenerasi produk lokal Italia. Di samping itu, ini sebagai salah cara untuk membendung gelombang pemain asing yang merumput di Italia.

Advertisement

“Semua orang mengatakan terlalu banyak pemain asing di Serie A. Presiden klub harus setuju dengan hanya memiliki maksimal lima pemain asing dalam tim. Selain itu, enam pemain Italia harus masuk starting eleven,” jelas mantan pelatih Timnas Italia, Marcello Lippi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif