Lifestyle
Jumat, 26 Agustus 2016 - 16:45 WIB

Lapis Legit Asal Indonesia Masuk Daftar Kue Terlezat di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lapis Legit (dapurlins.com)

Lapis legit menjadi kue terlezat di dunia.

Solopos.com, SOLO – Indonesia patut berbangga hati dengan keanekaragaman kuliner yang menggugah selera. Salah satunya yang kini tengah diperbincangkan adalah lapis legit. Kue lapis legit termasuk dalam daftar kue terlezat di dunia versi CNN.

Advertisement

Dilansir Okezone.com, Jumat (26/8/2016), lapis legit berasal dari kata Spekkoek. Kue ini berbahan dasar telur dan tepung dan punya tampilan berlapis-lapis.

Konon kue ini berkembang selama masa kolonial Belanda di Tanah Air. Namun seiring perjalanannya, lapis legit diracik masyarakat Indonesia dengan bahan baku lokal. Kunci kelezatannya terletak pada penggunaan campuran rempah khas Indonesia. Seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, dan pekak.

Bentuknya unik lantaran terdiri dari sponge cake lembut yang kental akan rasa mentega dan umumnya berwarna kuning dan cokelat. Sponge cake tersebut disusun berlapis yang terdiri dari 18 bahkan 38 lapisan.

Advertisement

“Di Jerman ada kue yang mirip tapi teksturnya tidak lembut. Sebutannya baum kuchen,” ujar Shanti Serad, penggiat kuliner Tanah Air sekaligus Chairwomen Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) kepada Okezone melalui pesan elektronik.

Dari segi rasa, kue lapis legit cukup mudah disukai banyak kalangan. Terdapat jejak rasa manis, legit, khas mentega, rempah-rempah dan bertekstur lembut.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif