Jogja
Kamis, 25 Agustus 2016 - 10:40 WIB

PENGHIJAUAN SLEMAN : Djarum Tress For Life Tanam 10.000 Pohon Trembesi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Penghijauan Sleman dilakukan salah satunya dengan penanaman pohon trembesi

Harianjogja.com, SLEMAN– Upaya untuk melestarikan lingkungan terus diupayakan antara pihak pemerintah dan swasta. Seperti apa yang dilakukanoleh PT Djarum dengan kegiatan Djarum Tress for Life yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dengan melakukan penanaman pohon trembesi di taman wisata Candi Prambanan, Rabu (24/8/2016).

Advertisement

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini dapat menjadi sebuah awal kerjasama yang baik antara Pemkab dengan dengan Djarum Foundation dalam upaya untuk menjadikan masyarakat Sleman labih sejahtera lagi dan memiliki daya saing yang tinggi. Selain itu kegiatan seperti ini juga sangat berguna untuk menjaga kelestarian alam.

“Kami sangat berharap kerjasama seperti ini dapat lebih tingkatkan dimasa-masa mendatang, serta dengan kegiatan ini dapat memacu stake holder lain juga untuk membuat bentuk kerjasama serupa” ujarnya dalam kegiatan penanaman pohon trembesi di halaman wisata Candi Prambanan, Rabu (24/8/2016).

Dikatakannya sebagai kawasan hulu di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sleman juga memiliki tanggung jawab sebagai kawasan untuk konservasi air utama di DIY. Dengan demikian tanggung jawab tersebut harus diimbangi dengan upaya penghijauan yang harus dilakukan secara berkelanjutan di wilayah Sleman.

Advertisement

Sri menambahkan, dengan keterlibatan semua pihak dalam upaya melakukan penghijauan ini ke depan dapat mewujudkan lingkungan yang kondusif. Ia juga berharap penanaman pohon yang dilakukan di sepanjang Jogja Solo dan Semarang (Joglo Semar) dapat sesegera dimulai sejak saat ini, pasalnya pohon trembesi sendiri membutuhkan waktu hingga dua taun untuk mampu hidup mandiri dari alam.

“Setelah menanam upaya untuk merawat juga tidak kalah penting. Upaya penanaman ini tidak akan berhasil jika tidak diimbangi dengan upaya perawatan yang baik,” tegasnya.

Wabup juga berharap, selain candi Prambanan, candi-candi lain di wilayah Sleman juga dapat tersentuh oleh program penghijauan semacam ini.

Advertisement

Sementara itu, Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji, mengatakan upaya penghijauan yang dilakukan oleh Djarum untuk penghijauan dui wilayah Joglo Semar akan ditarget mencapai 10.000 pohon Trembesi. Sementara untuk saat ini penanaman sudah mencapai 5.576 batang pohon dan khusus untuk kawasan taman wisata Candi Prambanan telah ditanam sejumlah 300 batang.

“Ini sebagai inisiatif kami dan juga sebagai bentuk kepedulian Djarum Foundation dengan lingkungan guna mengurangi efek pemanasan global dan untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi indonesia untuk masa depan,” katanya.

Dalam kesempatan kali ini dibagikan juga tanaman dan alat pertanian berupa cangkul kepada para Camat se Kabupaten Sleman untuk ikut melakukan penghijauan di wilayahnya masing-masing.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif