News
Kamis, 25 Agustus 2016 - 22:30 WIB

Iran Kepung Kapal Induk AS di Selat Hormuz

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Reuters)

Kapal induk AS dikepung kapal perang Iran di Selat Hormuz.

Solopos.com, JAKARTA — Empat kapal milik pasukan elite Korps Garda Revolusioner Islam Iran (IRGR) “mempermalukan” sebuah kapal induk Amerika Serikat dengan mengepungnya saat beroperasi dekat Selat Hormuz.

Advertisement

Insiden itu terjadi saat Washington khawatir dengan kekuatan militer Iran di kawasan Teluk dan dalam perang sipil di Suriah. Seorang pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa dua kapal Iran bergerak hingga sedekat 250 meter dari kapal induk USS Nitze. Hal itu sangat membahayakan posisi kapal AS.

Kapal-kapal tersebut mempermalukan kapal AS itu dengan melakukan intersepsi berkecepatan tinggi sehingga berada pada jarak sangat dekat dengan Nitze. Kondisi tersebut membahayakan karena pihak AS telah mengeluarkan beberapa kali peringatan, menurut pejabat itu sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (25/8/2016).

IRGC mencurigai aktivitas militer AS di wilayah perbatasan Iran meski negara itu telah menandatngani kesepakatan nuklir dengan enam negara maju termasuk AS. AS dan sejumlah negara lainnya khawatir dengan dukungan Iran terhadap pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad yang mempunyai program rudal balistik. Begitu juga dengan dukungannya terhadap milisi Syiah yang dinilai melangar hak hak sipil di Irak.

Advertisement

Pejabat pertahanan AS itu menyatakan bahwa dalam insiden hari ini, kapal USS Nitze telah berupaya berkomunikasi sebanyak 12 kali, namun tidak mendapatkan respons. Kapal itu juga menembakkan 10 kali pancaran cahaya peringatan yang diarahkan ke kapal-kapal Iran.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif