Sport
Kamis, 25 Agustus 2016 - 20:30 WIB

BURSA TRANSFER : "Nafsu" Klub Liga Inggris Jor-Joran Beli Pemain Belum Usai

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pogba Jadi Trending Topic (Twitter)

Bursa transfer menyajikan aktivitas belanja dari klub Liga Inggris.

Solopos.com, LONDON — Bursa transfer musim panas segera ditutup akhir Agustus 2016 ini. Ini menjadi saat paling sibuk bagi para agen dan bos sejumlah klub untuk menambah atau pun mengurangi  personel demi menampilkan skuat terbaik di musim 2016/2017.

Advertisement

Klub-klub Liga Premier Inggris punya waktu sepekan untuk melakukan pergerakan yang signifikan dalam fase krusial ini. Dilansir dailymail.co.uk, Rabu (24/8), bursa transfer musim panas ini resmi berakhir, 31 Agustus 2016 mendatang. Beberapa klub papan atas juga masih aktif berburu pemain hingga detik-detik terakhir.

Arsenal misalnya, sejauh ini pembelian terbesar adalah memboyong Granit Xhaka dari Borussia Monchengladbach. The Gunners, julukan Arsenal, meminang gelandang berkebangsaan Swiss itu dengan mahar 35 juta poundsterling atau senilai Rp615 miliar.

Sebenarnya The Gunners juga sudah menetapkan daftar buruan jauh-jauh hari. Akan tetapi, mereka kalah gesit dari Manchester City, Chelsea, atau pun Manchester United, yang bergerak cepat dalam bursa pembelian ini. Bagaimana pun Arsene Wenger masih butuh seorang bek tengah untuk melengkapi skuat.

Advertisement

Terakhir, bintang Valencia, Shkodran Mustafi, gencar didekati. Tapi, negosiasi itu sedikit tersendat lantaran Valencia memasang harga tinggi, 42 juta poundsterling untuk penggawa Timnas Jerman tersebut. Begitu pula dengan upaya melego Jonny Evans dari West Bromwich Albion. The Baggies baru mau melepas bek Irlandia Utara itu dengan harga 25 juta poundsterling.

Sementara Chelsea era baru di bawah kepemimpinan Antonio Conte mendatangkan Michy Batshuayi dari Marseille dengan nilai transfer 33 juta poundsterling. The Blues, julukan Chelsea, juga sukses membajak bintang Leicester, N’Golo Kante, senilai 32 juta poundsterling.

Conte belum puas dengan racikannya saat ini. Mantan pelatih Timnas Italia tersebut menginginkan seorang bek sentral setelah gagal mendapatkan John Stones yang memilih berlabuh ke Manchester City dan kubu Napoli yang menolak sodoran tawaran Chelsea untuk Kalidou Koulibaly. Alhasil, The Blues mengalihkan bidikan kepada pemain Torino, Nikola Maksimovic.

Advertisement

Liverpool era Jurgen Klopp memboyong Sadio Mane dari Southampton dengan harga 30 juta poundsterling dan menggaet Georginio Wijnaldum dari Newcastle senilai 25 juta poundsterling. The Reds, julukan Liverpool, malah justru ingin membuang dua pemain yang dianggap tak lagi dibutuhkan, yakni Mamadou Sakho dan Mario Balotelli.

Manchester City melakukan belanja besar seiring kedatangan Pep Guardiola. Mantan arsitek Barcelona dan Bayern Munich ini menggaet John Stones (47,5 juta poundsterling), Leroy Sane (42 juta poundsterling), Gabriel Jesus (27 juta poundsterling), Ilkay Gundogan (21 juta poundsterling), dan Nolito (14 juta poundsterling). Terakhir, City mendatangkan Claudio Bravo senilai 17 poundsterling.

Sementara itu, Manchester United jadi bintang dalam bursa transfer ini setelah memecahkan rekor lewat pembelian Paul Pogba. The Red Devils memecahkan rekor transfer dengan membeli Pogba seharga 100 juta poundsterling. Selain itu, United era Jose Mourinho juga mendatangkan Eric Bailly (30 juta poundsterling) dan Henrikh Mkhitaryan (26 juta poundsterling). Setan Merah membuat geger dengan berhasil memboyong bintang PSG, Zlatan Ibrahimovic secara cuma-cuma.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif